Selasa 27 Jun 2023 18:06 WIB

Kenali Trend Digital Marketing Saat Ini

Bisnis harus tetap mengikuti trend terbaru untuk tetap relevan dan efektif.

Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) mengatakan, perkembangan teknologi yang terjadi membuat trend digital marketing terpengaruhi.
Foto:

4. Video marketing

Video telah menjadi format konten yang sangat populer dalam strategi pemasaran digital. Penggunaan video untuk mempromosikan produk, memberikan tutorial, atau menceritakan kisah merek menjadi tren yang terus berkembang. Streaming langsung (live streaming) juga menjadi populer, di mana merek dapat berinteraksi langsung dengan audiens.

5. Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah membawa perubahan signifikan dalam dunia digital marketing. AI digunakan dalam menganalisis data, personalisasi konten, chatbot untuk layanan pelanggan, serta pengoptimalan dan otomatisasi proses pemasaran.

Dengan kemampuan AI dalam memahami pola perilaku konsumen dan memberikan pengalaman yang lebih relevan, bisnis dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kampanye mereka.

“Trend-trend di atas mencerminkan perkembangan dan evolusi digital marketing dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen dan kemajuan teknologi,” jelas Maruloh. 

 

Dengan mengikuti tren ini, katanya, perusahaan dapat meningkatkan visibilitas merek, terlibat dengan audiens dan mencapai tujuan pemasaran yang lebih baik. “Semoga ulasan ini bermanfaat bagi para pelaku bisnis dan wirausaha muda yang ingin memulai bisnis barunya,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement