Kamis 08 May 2025 19:02 WIB

Baru Mulai Usaha? Coba 7 Jurus Promosi Social Media Marketing yang Wajib Dicoba

Pebisnis pemula wajib kuasai pemanfaatan media sosial untuk bangun brand sejak awal.

Dengan strategi yang tepat, social media marketing (SMM) dapat membantu meningkatkan brand awareness, menarik pelanggan, hingga meningkatkan penjualan tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Foto: unm
Dengan strategi yang tepat, social media marketing (SMM) dapat membantu meningkatkan brand awareness, menarik pelanggan, hingga meningkatkan penjualan tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Di era digital, media sosial bukan hanya tempat bersosialisasi. Media sosial telah menjelma menjadi alat pemasaran yang sangat efektif bagi bisnis, termasuk bagi mahasiswa yang ingin memulai usaha.

Dengan strategi yang tepat, social media marketing (SMM) dapat membantu meningkatkan brand awareness, menarik pelanggan, hingga meningkatkan penjualan tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Kepala Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) Maruloh mengatakan mahasiswa dan pebisnis pemula harus memahami bagaimana memanfaatkan media sosial untuk membangun brand mereka sejak dini. Menurutnya, media sosial menjadi senjata ampuh bagi mahasiswa dan pelaku usaha muda untuk mempromosikan bisnis mereka dengan cara yang kreatif dan hemat biaya.

"Dengan strategi yang tepat, bisnis dapat berkembang pesat bahkan tanpa modal besar. NEC selalu siap mendukung dan membimbing mahasiswa agar bisa memanfaatkan social media marketing secara maksimal,” ujar dia, dalam keterangan rilis, Kamis (8/5/2025).

Mengapa Social Media Marketing Penting untuk Bisnis? Menurut NEC, Berikut adalah beberapa alasan mengapa media sosial menjadi kunci sukses pemasaran bisnis di era digital:

  1. Jangkauan Luas

    Platform seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan LinkedIn memungkinkan bisnis menjangkau audiens global.

  2. Biaya Terjangkau

    Dibandingkan dengan iklan konvensional, pemasaran melalui media sosial bisa dilakukan dengan anggaran kecil bahkan gratis.

  3. Meningkatkan Brand Awareness

    Konsistensi dalam membangun konten membuat bisnis lebih mudah dikenali oleh calon pelanggan.

  4. Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan

    Komunikasi langsung melalui komentar, pesan, dan ulasan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

  5. Analisis Performa yang Mudah

    Tools seperti Meta Business Suite dan Google Analytics membantu mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran.

Maruloh menambahkan social media marketing merupakan strategi yang wajib dikuasai oleh mahasiswa dan pelaku bisnis di era digital. Dengan memilih platform yang tepat, membuat konten menarik, menggunakan strategi pemasaran yang sesuai, serta menganalisis performa, bisnis dapat tumbuh dengan cepat.

“Bagi mahasiswa Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri yang ingin memulai bisnis, Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) menyediakan berbagai pelatihan dan pendampingan untuk mengembangkan usaha berbasis digital,” ujar dia.

Agar pemasaran di media sosial berjalan efektif, berikut beberapa strategi yang bisa diterapkan oleh mahasiswa dan pelaku usaha:

1. Pilih Platform yang Tepat

2. Buat Konten yang Menarik dan Konsisten

3. Gunakan Hashtag dan Tren yang Relevan

4. Manfaatkan Influencer Marketing

5. Gunakan Iklan Berbayar Secara Efektif

6. Bangun Interaksi dengan Followers

7. Evaluasi dan Analisis Performa

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement