Selasa 27 Jun 2023 07:45 WIB

PosAja! Terus Dekatkan Layanan Kurir dan Logistik ke Ribuan Masyarakat dan UMKM

Penggunaan akses digital dapat meningkatkan omset dan pangsa pasar.

Pos Indonesia mengedukasi layanan jasa kurir dan logistik dengan mendukung kegiatan reuni akbar SMA 1 Magetan
Foto: Dok. Republika
Pos Indonesia mengedukasi layanan jasa kurir dan logistik dengan mendukung kegiatan reuni akbar SMA 1 Magetan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PosAja! mendukung kegiatan Reuni Akbar SMA 1 Magetan. Kegiatan ini melibatkan ribuan alumni dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai upaya mengedukasi masyarakat atas layanan jasa kurir dan logistik.

Menurut Direktur Bisnis Kurir & Logistik Pos Indonesia Siti Choiriana yang akrab disapa Ana, PosAja! selalu hadir mendukung para pelaku UMKM di Indonesia agar naik kelas. Salah satunya, melalui peningkatan akses pasar ke seluruh Indonesia. Pelaku UMKM dapat memanfaatkan layanan kurir dan logistik PosAja! untuk mendistribusikan produknya ke dalam dan luar negeri. 

Data per 2021, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta. Dari jumlah tersebut, baru sebagian kecil yang telah memanfaatkan layanan digital untuk menunjang usahanya. Padahal, penggunaan akses digital dapat meningkatkan omset dan pangsa pasar. 

"Tak hanya pelaku UMKM, keterlibatan PosAja! Kami dukung kegiatan reuni akbar tersebut sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat luas tentang Pos Indonesia," ujar Ana dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Selasa (27/6/2023).

Pos Indonesia, kata dia, saat ini telah bertransformasi menjadi perusahaan yang melayani jasa kurir, logistik, layanan keuangan, dana pensiun, dan lainnya. 

Pada bisnis kurir, Pos Indonesia memiliki aplikasi digital atau mobile aplikasi PosAja! yang merupakan aplikasi jasa pengiriman berbasis digital courier.  PosAja! memiliki tiga layanan kurir yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, yaitu Pos Sameday, Pos Nextday, Pos Reguler, dan Pos Ekspor. 

Menurut Ana, pelanggan bisa melakukan proses pengiriman paket dan barang cukup dari handphone, tanpa harus ke outlet. Pemesanan bisa dilakukan dari manapun di beberapa kota besar di Indonesia. PosAja! juga terhubung dengan beberapa e-commerce sehingga bisa melakukan pembelanjaan dari aplikasi. 

"Saat ini kami memiliki 42.300 drop points PosAja!. Total ada sekitar 1 juta jaringan Pos yang menjangkau hingga daerah 3T (terluar, terdepan, dan tertinggal)," katanya.

PosAja! juga, kata dia, terhubung dengan jaringan Pos di 228 negara di dunia. "Kami juga didukung 42 Kantor Cabang Utama, 168 Kantor Cabang, dan 4.308 Kantor Cabang Pembantu," katanya.

Untuk memudahkan pelaku usaha, PosAja! memiliki fulfillment center Stori yang melayani kebutuhan penyimpanan barang, pemenuhan pesanan, packaging, manajemen pengiriman, manajemen penjualan dan marketplace, hingga konsolidasi ekspor. 

Fulfillment Center Stori telah hadir di 11 titik di seluruh Indonesia, di antaranya Medan, Pekanbaru, Palembang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar. Jumlah stori ini akan terus kami tambah dalam beberapa waktu ke depan. 

Ana menjelaskan, Pos Indonesia hadir ikut serta membangun bangsa agar lebih berdaya saing dan sejahtera. Pos Indonesia memiliki visi untuk menjadi penyelenggara layanan pos universal, jasa kurir, logistik, dan keuangan paling kompetitif. 

Acara puncak Reuni Akbar SMA 1 Magetan dipusatkan di GOR Ki Mageti, Jalan Yosonegoro, Kabupaten Magetan, Sabtu (24/6/2023). Ribuan alumni hadir pada acara puncak, mengikuti berbagai kegiatan dari awal hingga akhir. 

Berbagai kegiatan yang digelar di antaranya pameran 60 stand UMKM, pagelaran seni dan budaya, pertunjukan musik, dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement