Senin 26 Jun 2023 16:16 WIB

Kini, Lulusan dari Jurusan IPA Berpeluang Sukses Kuliah di Unisba

Unisba terakreditasi Unggul dengan 33 program studi.

Menggapai masa depan dengan berkuliah di Unisba.
Foto: Dok. Unisba
Menggapai masa depan dengan berkuliah di Unisba.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Melanjutkan studi ke perguruan tinggi merupakan dambaan bagi sebagian lulusan SMA/SMK/sederajat. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas akademik dan keahlian agar kesempatan memperoleh peluang berkarier pada masa yang akan datang dapat terbuka luas.

Menentukkan jurusan yang akan dipilih tentu harus menjadi pertimbangan matang, sesuai dengan passion, minat, dan bakat. Jangan sampai salah dalam mengambil jurusan, agar perjalanan perkuliahan bisa hingga lulus menjadi sarjana.

Bagi lulusan IPA, berbagai jurusan yang masuk dalam keilmuan sains dan teknologi (saintek) bisa menjadi pilihan dalam berkarier, yang memiliki prospek kerja tinggi. Meski lulusan IPA, tetap memiliki kesempatan untuk lintas jurusan ke IPS mengambil jurusan sosial dan humaniora (soshum).

Universitas Islam Bandung (Unisba) sebagai perguruan tinggi swasta berlandaskan Islam terbaik di Jawa Barat, terakreditasi unggul dengan memiliki 33 program studi (prodi). Tujuh di antaranya merupakan rumpun saintek yang banyak diminati serta bisa dijadikan pilihan dan pertimbangan untuk melanjutkan studi.

Lulusannya pun sudah banyak yang berkiprah di instansi pemerintahan dan perusahaan swasta. Apa saja program studi tersebut? Berikut daftarnya:

·         Statistika

Prodi Statistika terakreditasi B dari BAN-PT berada di bawah Fakultas MIPA. Prodi ini memiliki Visi ‘Menjadi Program Studi Statistika yang mandiri, maju, dan terkemuka di Asia dalam pengembangan dan penerapan statistika berdasarkan nilai-nilai Islam pada 2030’.

Prospek kerja lulusan Prodi Statistika adalah akademisi (guru, dosen, dan studi lanjut); aktuaris; konsultan statistika; perancang riset dan analis data bidang sosial, ekonomi dan bisnis; perancang riset dan analis data bidang kesehatan dan kependudukan; perancang riset dan analis data pemerintahan; dan data scientist.

·         Matematika

Prodi Matematika berada di bawah FMIPA UNISBA telah terakreditasi Baik Sekali dari BAN-PT. Sejak 2013 prodi ini telah melaksanakan kurikulum baru, yaitu kurikulum berbasis kompetensi yang telah diintegrasikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum ini mengintegrasikan penguasaan konsep matematika dengan kemampuan praktis, yang ditunjang dengan jiwa entrepreneurship dan jiwa keislaman yang kuat.

Alumni Prodi Matematika Unisba bekerja di berbagai profesi, antara lain di bank (pemerintah, swasta); asuransi; sektor keuangan di berbagai perusahaan; bidang teknologi informasi; bidang data sains; guru; dosen; PNS; TNI; BUMN dan BUMD; broadcasting; dan pengusaha.

·         Farmasi

Prodi Farmasi terakreditasi B dari LAM-PTKes berada di bawah Fakultas MIPA. Memiliki visi ‘Menjadi Prodi Farmasi yang Berorientasi pada Bahan Alam Berdasarkan Nilai-Nilai Islam dan Terkemuka di ASEAN pada Tahun 2030’.

Prodi ini menerapkan Kurikulum 2013 yang mengakomodasikan semua ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan produksi obat yang manjur dan aman. Disiplin ilmu farmasi, suatu profesi di bidang kesehatan, bertanggung jawab atas penyediaan obat yang bermutu.

Prospek kerja Prodi Farmasi terdiri atas: bidang industri meliputi obat, makanan, minuman, kosmetik, alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah langga pada bagian penelitian dan pengembangan, produksi, kontrol kualitas atau pemasaran; bidang pelayanan meliputi apotek, rumah sakit, laboratorium klinik dan fasilitas pelayanan kesehatan lain; bidang regulasi meliputi lembaga pemerintah yang mengurus pelegalan obat dan makanan, yaitu BPOM, regulasi dalam kesehatan (Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan) atau pada lembaga lain yang berada di bawah naungan pemerintah seperti BPJS; bidang penelitian meliputi lembaga penelitian milik pemerintah seperti LIPI, BPPT atau BATAN; dan bidang pengembangan sediaan farmasi berdasarkan syariat islam: LPPOM MUI, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama.

·      Teknik Pertambangan

Prodi Teknik Pertambangan berada di bawah Fakultas Teknik, terakreditasi B dari BAN PT. Prodi ini memiliki visi ‘Menjadi Program Studi Unggulan dalam Bidang Perencanaan Tambang yang Berdaya Saing Global’.

Prospek kerja Prodi Teknik Pertambangan antara lain Instansi Pemerintahan: Kementerian ESDM, Pemda/Dinas Provinsi/Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia; BUMN: PT Pertamina, PT Aneka Tambang (Persero), PT Dahana, PT Bukit Asam, PT Semen Padang, PT Semen Indonesia, PT Timah, dll.; Perusahaan Pertambangan swasta/multinasional: PT Freeport Indonesia, PT Arutmin, PT Kaltim Prima Coal, PT Berau Coal Energy, PT Alamiata Bara Pralama, PT Pancaran Surya Abadi, PT Beringin Jaya Abadi, PT Hamwa, PT Saptaindra Sejati, PT DNX Indonesia, PT Orica Mining Service, PT Adaro Energy, PT Bumi Resources, PT Cipta Kridatama, Weatherford Internasional dan perusahaan pertambangan di seluruh Indonesia; lainnya: Entrepreneurship, konsultan, kontraktor, jasa perbankan, jasa pendidikan, staf pengajar, politikus dll.

·      Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

Prodi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota yang berada di bawah Fakultas Teknik telah terakreditasi Unggul dari BAN-PT. Visinya ‘Menjadi program studi rujukan yang unggul di bidang perencanaan tata ruang wilayah dan kota di Asia Tahun 2025 dengan menjunjung tinggi nilai–nilai Islam’.

Saat ini Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota telah menghasilkan lebih dari 1000 lulusan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Alumni Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota UNISBA berhasil masuk ke pasar kerja di lingkungan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Selain itu, mereka banyak terserap di pasar kerja swasta seperti perusahaan konsultan di bidang tata ruang, real estate, dll. di seluruh Indonesia.

·      Teknik Industri

Prodi Teknik Industri berada di bawah Fakultas Teknik dan terakreditasi Baik Sekali dari BAN-PT. Visi dari Prodi ini adalah ‘Menjadi Program Studi terkemuka di Asia tahun 2025 yang menghasilkan lulusan kompeten di bidang Teknik Industri berdasarkan nilai-nilai Islam’.

Prospek kerja dari Prodi Teknik Industri meliputi Instansi Pemerintahan: Departemen Perindustrian RI, Pemda/Dinas Provinsi/Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia; BUMN : Krakatau Steel, PT DI, PT POS Indonesia, Telkom, PT Pindad, PT Inti, PT KAI, Wijaya Karya, Telkomsel dan Yodya Karya, dll; Perminyakan/pertambangan: Pertamina, Medco Energy, dll; Industri Perbankan dan Jasa: Bank Mandiri, Bank Indonesia, BRI, BSI, Bank Mega, Bank BlI, Bank BJB, HSBC, Citibank, dan Bank Danamon; RS Santosa, Dosen PTS dan PTN, PT Sucofindo dll; Industri Manufaktur: Astra Motor, Yamaha Motor, Nissan Motor, General Motor, PT Nasional Gobel, PT Dewhirst, Panasonic, Industri Textil, PT Rabbani, Industri Sepatu dll; dan Wirausaha dan konsultan profesional.

·         Kedokteran

Fakultas Kedokteran merupakan Fakultas termuda yang dimiliki Unisba. Fakultas yang terakreditasi A dari LAM-PTKes ini berdiri sejak 2004. Fakultas ini memiliki Visi  “Menjadi program studi yang terkemuka, pelopor pembaharuan pemikiran dalam konsep pelayanan kesehatan, serta menghasilkan dokter yang mempunyai kompetensi yang tinggi, profesional dan berakhlakul karimah’.

Kenggulan Spesifik Fakultas Kedokteran Unisba adalah Kesehatan industri (Occupational Health), dan Islamic Integration in Medical Curriculum (IMCI). Prospek kerjanya adalah praktisi dokter, ilmuwan, dosen, peneliti, birokrat, Dokter perusahaan/industri, pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan, dan pendidikan dokter spesialis.

Tunggu apa lagi, raihlah mimpi dan cita-cita untuk meraih kesuksesan karir bidang Saintek di Unisba. Lulusannya tidak hanya mampu mengaplikasikan dan mengamalkan kompetensi ilmunya di bidang dunia kerja maupun dunia usaha yang berdaya saing global saja. Tetapi juga, memiliki karakteristik 3M (mujahid, mujtahid, dan mujadid) yang berakhlakul kharimah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement