Ahad 25 Jun 2023 23:22 WIB

Penajam Kembangkan Potensi Wisata Sambut Pemindahan Ibu Kota Negara

Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki sejumlah tempat wisata potensial.

Pekerja menyelesaikan pembuatan prasasti bergambar peta Indonesia di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.
Pekerja menyelesaikan pembuatan prasasti bergambar peta Indonesia di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya mengembangkan potensi wisata untuk menyambut rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) baru Indonesia, Nusantara.

Sebagai daerah asal ibu kota baru Indonesia, menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Penajam Paser UtaraAndi Israwati Latief, di Penajam, pemerintah kabupaten akan mengembangkan semua potensi wisata yang ada. Potensi wisata di Kabupaten Penajam Paser Utara cukup banyak, di antaranya wisata pantai, wisata buatan, dan wisata alam.

Baca Juga

Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki sejumlah tempat wisata yang berpotensi untuk dijual, sebab daerah berjuluk Benuo Taka itu berdekatan dengan IKN Nusantara. Hampir seluruh kecamatan memiliki objek wisata yang bisa diunggulkan serta menarik wisatawan, katadia, dan semua tempat wisata yang ada memiliki keunikan yang berbeda-beda. Setiap objek wisata di setiap kecamatan tersebut diurus dan dirawat pokdarwis (kelompok sadar wisata), sehingga dipastikan terurus dan terawat dengan baik.

Upaya pengembangan pariwisata harus terus dilakukan, kata dia, agar tempat wisata di Kabupaten Penajam Paser Utara juga bertambah. Tempat wisata yang ada, antara lain Pantai Tanjung Jumlai di Kecamatan Penajam, Gua Tapak Raja di Kecamatan Sepaku, dan objek wisata buatan Wahana Wisata Api-Api di Kecamatan Waru.

 

Kemudian ada objek wisata alam ekowisata hutan mangrove di Kecamatan Penajam, objek wisata sawah di Kecamatan Babulu. "Kami terus kembangkan dan kenalkan tempat wisata yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara," ujar Andi Israwati Latief.

Objek wisata menjadi salah satu prioritas dalam rencana pengembangan dalam menyongsong pemindahan IKN Nusantara dari Jakarta ke sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement