Ahad 25 Jun 2023 08:52 WIB

Komunitas Juang dan IM Ambara Sigap Bersihkan GBK Usai Acara Bulan Bung Karno 2023

Acara puncak Bulan Bung Karno (BBK) 2023 diramaikan hampir 100 ribu peserta.

Komunitas Juang dan IM Ambara langsung bergerak melakukan pembersihan area dalam stadion Gelora Bung Karno (GBK) begitu acara puncak Bulan Bung Karno (BBK) 2023 selesai dilaksanakan sekitar pukul 17.00 WIB, pada Sabtu (24/6/2023).
Foto: Dok. PDIP
Komunitas Juang dan IM Ambara langsung bergerak melakukan pembersihan area dalam stadion Gelora Bung Karno (GBK) begitu acara puncak Bulan Bung Karno (BBK) 2023 selesai dilaksanakan sekitar pukul 17.00 WIB, pada Sabtu (24/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas Juang dan IM Ambara langsung bergerak melakukan pembersihan area dalam stadion Gelora Bung Karno (GBK) begitu acara puncak Bulan Bung Karno (BBK) 2023 selesai dilaksanakan sekitar pukul 17.00 WIB, pada Sabtu (24/6/2023). Untuk diketahui, PDI Perjuangan (PDIP) menggelar acara puncak peringatan BBK 2023 yang diadakan di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Acara tersebut digelar sejak pagi dengan peserta hampir mencapai 100 ribu orang.

Pihak PDIP memastikan lapangan dan area dalam stadion tetap bersih menjadi sebuah tantangan. Pada titik itu, fungsi Komunitas Juang beranggotakan 3000 orang, menjadi krusial.

Baca Juga

Komunitas tersebut merupakan unit organisasi PDIP yang berbasis di Jawa Tengah, dengan pengampunya adalah Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto alias Pacul. Begitu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Presiden Jokowi, dan seluruh peserta acara meninggalkan area stadion, anggota Komunitas Juang dan IM Ambara langsung sigap menyisir sampah yang berserakan di dalam dan di luar area GBK. 

Mulai kursi-kursi hingga bagian kolongnya dibersihkan. Sampah-sampah dikumpulkan untuk kemudian disalurkan untuk diproses selanjutnya sesuai waste menagemeny system. Bahkan sampai di area tengah stadion yang dipakai satgas Cakra Buana dan penari, langsung dibersihkan.

Meski sudah dari pagi bertugas, para Komunitas Juang ini masih dengan bersemangat melaksanakan tugasnya. Sampah dikumpulkan dan dipilah, mana yang bisa didaur ulang, mana yang tidak.

Kepala Sekretariat DPP PDIP Yoseph Aryo Adhi Dharmo juga ikut turun memantau proses kerja pembersihan itu. Sesekali dia menggunakan handy talkie di genggaman untuk ikut membantu koordinasi proses pembersihan.

Dia juga meminta bekas confetti popper yang digunakan sebagai bagian aksi dari 3.000 penari kecak untuk dibersihkan dengan alat penyedot (vacuum). Hal ini agar lapangan GBK tidak kotor dan rumputnya rusak.

“Divakum dulu agar tidak kotor nantinya,” kata Adhi, dalam keterangan tertulis, Ahad (25/6/2023).

Dia mengapresiasi kerja keras anggota Komunitas Juang serta pihak lain yang ikut membantu proses pembersihan tersebut. “Terima kasih untuk semuanya,” kata Adhi.

Sebelumnya, Ketua Panitia BBK Rano Karno menjelaskan Komunitas Juang dan IM Ambara ini berisi anak-anak muda. Dalam kegiatan ini, kata Rano, mereka bergotong royong melakukan pembagian konsumsi dan kebersihan GBK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement