Sabtu 24 Jun 2023 22:44 WIB

BI Sumbar akan Gelar Dua Festival Ekonomi

BI Sumbar akan menggelar Festival Ekonomi Syariah dan Festival Digital.

Ilustrasi pameran. Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Barat (Sumbar) akan menggelar dua festival ekonomi sebagai upaya menggerakkan perekonomian masyarakat di provinsi tersebut.
Foto: Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Tengah
Ilustrasi pameran. Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Barat (Sumbar) akan menggelar dua festival ekonomi sebagai upaya menggerakkan perekonomian masyarakat di provinsi tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatra Barat (Sumbar) akan menggelar dua festival ekonomi sebagai upaya menggerakkan perekonomian masyarakat di provinsi tersebut. Kepala BI Perwakilan Sumbar Endang Kurnia Saputra mengatakan kedua festival ekonomi itu adalah Festival Ekonomi Syariah dan Festival Ekonomi Digital Sumatra Barat yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

"Kita mulai rangkaian festival ini mulai dari tahapan pra event dari 25 Juni hingga 16 Juli 2023. Sementara, untuk main event akan digelar di Kota Bukittinggi yang akan digelar selama empat hari mulai 13-16 Juli 2023," kata dia, Sabtu (24/6/2023).

Baca Juga

Menurut dia, festival tersebut merupakan upaya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi baik pertumbuhan ekonomi syariah maupun transaksi digital di Sumatra Barat. "Kedua festival ini menggunakan anggaran sepenuhnya berasal dari Bank Indonesia yang bertujuan memberikan ruang bagi pelaku usaha meningkatkan usaha mereka," kata dia.

Dalam kegiatan utama yang akan digelar di Kota Bukittinggi, pihaknya akan merangkul perbankan yang ada di Sumbar dan menggandeng 50 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Pihak perbankan akan kita rangkul untuk memberikan bantuan kredit usaha baik dalam bentuk kredit usaha rakyat maupun kredit ekspor," kata dia.

Pihaknya menargetkan perbankan ini nantinya dapat mengucurkan bantuan kredit usaha kepada pelaku UMKM ini minimal Rp2 miliar.

"Ini target kita, namun semua tergantung dengan pihak perbankan dan pelaku UMKM yang ada nantinya menentukan besaran kredit yang dicairkan," kata dia.

Terkait Festival Ekonomi Syariah, menurut dia, Sumbar memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan ekonomi syariah ini. "Sumbar baru saja menerima sembilan penghargaan di bidang ekonomi syariah dan ini tentu menjadi kekuatan yang perlu dikembangkan dengan baik," kata dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement