Jumat 23 Jun 2023 08:03 WIB

Prof Andi Mercu Buana: Wisudawan Unggul Terbentuk Via Pendidikan Berbasis Kewirausahaan

Pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan jadi salah satu tantangan.

Rektor Universitas Mercu Buana Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng.,  pada acara Wisuda Diploma ke-54, Sarjana ke-58 dan Magister ke-45 Tahun Akademik 2022/2023.
Foto: Dok. Unimb
Rektor Universitas Mercu Buana Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng., pada acara Wisuda Diploma ke-54, Sarjana ke-58 dan Magister ke-45 Tahun Akademik 2022/2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendidikan berkualitas memegang peran penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan memiliki andil yang signifikan dalam mewujudkan pembangunan nasional berkelanjutan. 

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Mercu Buana Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng.,  pada acara Wisuda Diploma ke-54, Sarjana ke-58 dan Magister ke-45 Tahun Akademik 2022/2023.

Baca Juga

Menurut Prof. Andi, pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD) menjadi salah satu tantangan terutama institusi pendidikan tinggi untuk menghadirkan manusia Indonesia yang unggul yang mampu berdiri sejajar dengan bangsa lain dalam persaingan global. Menjawab tantangan ini, kata dia, Universitas Mercu Buana mengambil peran. 

“Hal ini sejalan dengan visi Universitas Mercu Buana yaitu menjadi Universitas Unggul dan terkemuka di Indonesia untuk menghasilkan tenaga profesional yang memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat dalam persaingan global,” kata Andi di ICE BSD, seperti dilansir pada Kamis (22/6/2023). 

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengucapan selamat kepada Prof. Dr. Ahmad Mulya, M. Si, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, atas capaian sebagai Guru Besar bidang Ilmu Komunikasi. Selain capaian Guru Besar oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Prof Andi menyampaikan beberapa torehan prestasi sepanjang enam bulan terakhir. 

"UMB menempati ranking kedua PTS Terbaik di DKI Jakarta versi Webometric 2023. Lalu, menempati ranking keempat PTS Terbaik di Indonesia versi Webometric 2023. Kemudian, penghargaan Penilaian Tertinggi dalam PMM MBKM, Kompetensi Profesi Digital 2023. Lalu, menambahkan capaian akreditasi Unggul pada Program Studi S1 Manajemen, S2 Akuntansi, S1 Teknik Informatika. Kelima, mendapatkan 19 hibah penelitian dan Pengabdian masyarakat 2023

"Keenam, mendapatkan enam hibah Program Kreativitas Mahasiswa dan 1 Hibah Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa. Ketujuh, mendapatkan bantuan tujuh Tim mahasiswa lolos mendapatkan Bantuan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW)," ujar Prof Andi. 

Ia juga bersyukur dengan prestasi para mahasiswa UMB dalam setahun terakhir. Seperti satu mahasiswa dari Program Studi Psikologi, meraih Juara pertama dalam International Open Karate Championship MGMP PJOK 2022, cabang Kumite-84 Senior. Kemudian, satu mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi, meraih Juara Pertama dalam South East Asia Karate Federation (SEAKF). Lalu, satu Mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi, meraih medali Perak dalam Sea Games 2023 Kamboja pada cabang Karate-Women’s Kata Team. Satu mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, terpilih mengikuti Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) ke Perguruan Tinggi Universitat Pompeu Fabra Spain, dan lainnya," kata Prof. Andi. 

Sebelumnya, Profesor peneliti robot ini dilantik menjadi Rektor Universitas Mercu Buana (UMB)periode 2022 – 2026, di Jakarta. 

"Tradisi mendapatkan reputasi dan prestasi menjadi bagian dari tradisi Universitas Mercu Buana. Tiada hari, pekan dan bulan tanpa prestasi, karena prestasi ini yang membawa reputasi UMB menjadi lebih tinggi di mata masyarakat. Tentunya ini menjadi harapan dan cita-cita dari pendiri UMB alharhum. H Probosutedjo,” kata Andi, seperti dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement