Selasa 20 Jun 2023 14:19 WIB

Usbat Sumut Edukasi Masyarakat Serdang Bedagai Kiat Cara Raih Sholat Khusyu

Orang yang memperbaiki sholatnya maka Allah SWT akan memperbaiki hidupnya.

Usbat mengedukasi masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara tentang meraih sholat dengan khusyu.
Foto: Dok. Web
Usbat mengedukasi masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara tentang meraih sholat dengan khusyu.

REPUBLIKA.CO.ID, SERDANG BEDAGAI -- Sukarelawan Ustadz Sahabat (Usbat) mengedukasi masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara tentang meraih sholat dengan khusyu. Korda Usbat Ganjar Serdang Bedagai, Bima Wardani Damanik mengatakan, sholat khusyu merupakan aspek penting dalam ibadah bagi umat Islam. 

Dengan adanya pelatihan ini, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya menjalankan sholat dengan hati yang tunduk dan penuh khusyu kepada Allah SWT.

Baca Juga

"Pelatihan untuk menggapai salat yang khusyu, yang mana ini sangat penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas ibadah," kata Bima seperti dilansir pada Selasa (20/6/2023). 

Bima menuturkan, masyarakat mendapatkan pemahaman tentang pengertian sholat khusyu, pentingnya memfokuskan pikiran dan hati pada ibadah, serta cara-cara untuk mengatasi gangguan dan distraksi yang dapat menghalangi konsentrasi selama beribadah.

"Pemateri menyampaikan bagaimana kita menjadi orang-orang yang beruntung ketika melaksanakan sholat dengan baik, karena khusyu itu sangat penting dalam ibadah, sehingga sholat kita tidak menjadi amal yang sia-sia," ujar Bima. 

Pendukung Ganjar Pranowo itu berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan edukasi serupa untuk membantu umat Islam dalam meningkatkan ibadah mereka. 

Melalui pemahaman yang mendalam dan praktik yang konsisten, Bima berharap dapat memperkuat ikatan spiritual masyarakat dan membantu mereka mencapai sholat khusyu

Ustaz M. Iqbal menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Dia menyampaikan agar sholat khusyu maka sholat-tnya harus diperbaiki. Memperbaiki salat itu diantaranya dari bacaan sholat hingga gerakan sholat. 

Iqbal menyatakan, sholat khusyu banyak manfaatnya. Sebab dalam islam, orang yang memperbaiki sholatnya maka Allah SWT akan memperbaiki hidupnya. 

Dalam acara, masyarakat Kabupaten Serdang Begadai merespons dengan antusias terhadap kegiatan ini. Peserta yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat yang hadir dengan semangat yang tinggi untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang shalat khusyu

Para peserta bertanya, berdiskusi, dan berbagi pengalaman tentang upaya mereka dalam meningkatkan kualitas sholat mereka.

Sebelumnya, kelompok serupa juga menggelar edukasi mengenai pelatihan cara menjadi khatib yang baik dan benar bersama jemaah Majelis Taklim Darul Muta'alimin di Dusun VIII Tanjung Tiga, Desa Karang Gading, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat. 

Korda Kabupaten Langkat Muhammad Rizki mengatakan pihaknya mengatakan Kabupaten Langkat membutuhkan banyak sekali khatib untuk berkhotbah saat salat Jumat. Karena itu, pihaknya menghelat pelatihan tersebut agar makin banyak warga yang mampu menjadi khatib di wilayah tersebut.

 

"Kami melaksanakan pelatihan khatib Jumat karena di daerah ini membutuhkan banyak khatib untuk sholat Jumat," ujar dia, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement