Kamis 15 Jun 2023 16:20 WIB

DPRD Kota Bogor Dorong Pemkot Beri Perhatian Khusus kepada UMKM

UMKM Kota Bogor memerlukan dukungan untuk meningkatkan ekonomi.

Ilustrasi UMKM di Kota Bogor.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi UMKM di Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ketua DPRD Kota Bogor, Jawa Barat, Atang Trisnanto, mendorong ada perhatian khusus pemerintah setempat dan seluruh mitra untuk kemajuan UMKM seusai pandemi Covid-19 yang menopang ekonomi selama wabah lebih kurang dua tahun ke belakang.

"Permasalahan kemudian adalah ketika hari ini ekonomi sudah mulai membaik. Nah, kira-kira UMKM ini dapat atensi dapat kebaikan dan keuntungan enggak dari pertumbuhan ekonomi," ujar Atang saat menghadiri pelaksanaan program UMKM Jabar Juara di Ruang Serbaguna Gedung DPRD Kota Bogor, Kamis (15/6/2023).

Atang berpesan, jangan sampai nanti ketika ekonomi tumbuh lagi, yang dapat keuntungan perusahaan besar yang ketika pandemi Covid-19 jatuh bangkrut. Tapi, ketika ekonomi tumbuh, yang untuk malah perusahaan besar.

Ia menilai saat perekonomian kini telah membaik, sudah seharusnya para pelaku UMKM mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah agar dapat menumbuhkan dan meningkatkan kelas usahanya.

Menurut dia, perhatian yang ditunjukkan oleh pemerintah berupa bantuan modal, masih tidak cukup untuk menumbuhkan dan meningkatkan UMKM ke level berikutnya sehingga dengan adanya program UMKM Jabar Juara.

Atang berharap Pemerintah Provinsi Jawa Barat mampu mengawal, mendukung, dan mendampingi para pelaku UMKM Kota Bogor.

"Menurut saya, permodalan tidak bisa membantu secara keberlanjutan. Karena yang penting hari ini adalah bagaimana mental menghadapi pasar yang kuat, bagaimana inovasi untuk mengalahkan pasar dan bagaimana berjaring agar pasar tetap bisa dipertahankan. Apakah melalui pelatihan, pembuatan jaringan, itu kami tunggu masukannya," kata Atang.

Atang pun memberikan masukan kepada para pelaku UMKM Kota Bogor yang didominasi oleh produk kuliner bahwa pada masa kini dibutuhkan kolaborasi dari para pelaku UMKM.

Hal tersebut bertujuan untuk melebarkan pasar dan target penjualan, di samping perlunya menjaga kualitas dan meningkatkan inovasi agar bisa bersaing pada era perdagangan secara terbuka.

"Mudah-mudahan UMKM juara Kota Bogor bisa terus tumbuh dan berkembang menjadi kuat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement