Rabu 14 Jun 2023 23:37 WIB

Lapas Kediri Gagalkan Penyeludupan Sabu yang Disembunyikan di Kepala Ikan Lele

Kasus ini terungkap saat pemeriksaan barang titipan warga binaan berupa makanan.

Narkoba jenis sabu-sabu (ilustrasi). Lapas Kediri menggagalkan penyelundupan sabu yang disembunyikan di kepala ikan.
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Narkoba jenis sabu-sabu (ilustrasi). Lapas Kediri menggagalkan penyelundupan sabu yang disembunyikan di kepala ikan.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Petugas Lapas Kelas II A Kediri, Jawa Timur, berhasil menggagalkan percobaan penyelundupan narkotik dan obat terlarang jenis sabu-sabu. Modus yang dilakukan yaitu dengan memasukkan sabu ke dalam kepala ikan lele.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kediri Muhammad Hanafi mengatakan, kasus tersebut terungkap saat pemeriksaan barang titipan warga binaan berupa makanan ringan, buah-buahan, dan sayuran. Ketika penggeledahan berlangsung, petugas mencurigai sayur ikan lele yang terbungkus plastik.

Baca Juga

"Narkoba dimasukkan ke tiga kepala ikan. Isinya di masing-masing kepala ikan 3 gram lebih," katanya di Kediri, Rabu (14/6/2023).

Ia mengatakan, total sabu-sabu yang disita dari kepala ikan itu seberat 9,60 gram. Barang terlarang itu dimasukkan ke dalam kepala ikan.

Dirinya mengungkapkan, praktik penyelundupan itu dilakukan oleh seorang yang mencoba menyelundupkan narkoba jenis sabu-sabu dengan cara menitipkan kepada seseorang untuk dikirimkan ke penghuni lapas. Pihaknya mengungkapkan, upaya penyelundupan narkoba beberapa kali dilakukan oleh oknum tidak bertanggungjawab dan berhasil digagalkan.

Upaya itu juga dengan berbagai modus. Bahkan, sebelumnya dirinya pernah mendapatkan pesan singkat dari orang yang tidak dikenal yang memintanya agar tidak terlalu keras menindak pengedar narkoba di Kediri.

Untuk itu, pihaknya lebih aktif mencegah peredaran narkoba di Lapas Kediri dan salah satunya dengan modus dimasukkan ke dalam kepala ikan tersebut. "Jadi terjadi komunikasi tadi pagi, kalau ada barang mau masuk. Maka dari itu saya tugaskan kasi kamtib untuk berjaga di luar," kata dia.

Kepala Satreskoba Polres Kediri Kota AKP Ipung Herianto mengatakan, pihaknya akan melakukan proses hukum kepada pelaku yang mencoba melakukan percobaan penyelundupan sabu-sabu ke dalam Lapas Kediri tersebut. Polisi sudah meminta keterangan dari B, yang mengirimkan barang tersebut. Pelaku sebelumnya pernah ditelepon seseorang untuk mengantarkan masakan untuk salah satu penghuni lapas.

"Penelepon tersebut juga meminta agar pelaku berangkat ke lapas dengan seorang perempuan," kata dia.

Ia juga mengatakan, pelaku B ternyata beberapa kali melakukan aksinya mengirim narkoba ke lapas. Pelaku mendapatkan upah Rp 300 ribu saat mengirimkan barang terlarang itu.

Saat ini, polisi juga masih mengejar pelaku yang meminta B agar mengirimkan barang ke lapas. Sedangkan, untuk B, polisi juga menjeratnya dengan pidana.

"Kami akan kenakan sesuai aturan yang berlaku Undang-Undang Nomor 35 Tahun tahun 2009 tentang Narkotika Pasal 114 dan 112, paling singkat enam tahun penjara," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement