Rabu 14 Jun 2023 12:59 WIB

Pemprov Babel Gelar Tradisi Makan Bedulang Perkuat Kebersamaan

Tradisi makan bedulang digelar di Kantor Desa Senyubuk, Kepulauan Bangka Belitung.

Program Kerja Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Kep Babel GULE KABUNG (Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung) di Desa Senyubuk Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, berlanjut dengan acara Bedulang.
Foto: Dok. Pemprov Babel
Program Kerja Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Kep Babel GULE KABUNG (Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung) di Desa Senyubuk Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, berlanjut dengan acara Bedulang.

REPUBLIKA.CO.ID, KELAPA KAMPIT -- Program Kerja Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Kep Babel 'GULE KABUNG' (Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung) di Desa Senyubuk, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, berlanjut dengan acara 'bedulang', yakni makan malam bersama di Kantor Desa Senyubuk, Selasa (13/6/23).

Tradisi makan bedulang merupakan prosesi makan bersama yang dilakukan menurut adat Belitung, tentunya dengan tata cara dan etika tertentu, yaitu makan bersama dalam satu dulang, di mana makanan diletakkan di dulang (nampan besar), diperuntukan bagi empat orang dengan duduk bersila di lantai dan saling berhadapan.

Baca Juga

"Satu kata, kebersamaan. Jadi, makan bedulang ini adalah makan-makan bersama. Kita dihidangkan makanan dan sama-sama menikmati. Jadi, disitulah filosofi yang bisa kita tangkap bahwa ketika ada makanan, akan lebih nikmat kalau bisa dinikmati bersama-sama, tidak seorang diri saja," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Rabu (14/6/2023).

Sementara, Kades Senyubuk Dodi Hidayah, mengungkapkan terima kasihnya atas kunjungan Pj Gubernur Suganda dan rombongan ke Desa Senyubuk. Pihaknya berusaha mempersiapkan dengan sebaik-baiknya untuk menyambut rombongan, termasuk menyiapkan Makan Bedulang khas Belitung.

photo
Program Kerja Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Kep Babel GULE KABUNG (Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung) di Desa Senyubuk Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, berlanjut dengan acara Bedulang. - (Dok. Pemprov Babel)

"Terima kasih kepada Bapak Pj Gubernur atas kunjungannya. Selama ini memang ada yang kita usulkan ke provinsi, tapi tersendat karena tidak tahu alurnya ke mana, tapi dengan kedatangan Pak Pj Gubernur kesini (program Guke Kabung), kita bisa langsung eksekusi dan kami berharap agar secepat mungkin apa yang kami usulkan dapat terealisasi," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa masyarakat Desa Senyubuk senang, karena selama ini belum pernah acara seperti ini. Momen ini menjadi wadah aspirasi masyarakat, khususnya masyarakat Desa Senyubuk, yang ingin disampaikan langsung kepada pemerintah.

Makan malam bersama ini dihadiri oleh Bupati Belitung Timur, unsur Forkopimda provinsi dan kabupaten, instansi vertikal, perangkat daerah provinsi maupun kabupaten, perangkat desa, dan masyarakat Desa Senyubuk Kelapa Kampit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement