Rabu 14 Jun 2023 11:00 WIB

Saat PSI 'Ngebet' Patahkan Dominasi PKS di Depok, PDIP Malah Beri Peringatan

PDIP menegaskan, belum tentu partai berbasis agama itu tidak nasionalis.

Refleksi baliho bergambar putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (23/5/2023). Baliho yang dipasang oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Depok itu untuk memperkenalkan sosok Kaesang kepada warga yang nantinya akan diusung oleh partai tersebut pada Pilkada 2024.
Foto:

Kaesang Pengarep telah menyampaikan kesiapannya mencalonkan diri menjadi Wali Kota Depok. Kesiapan putra bungsu Presiden Joko Widodo ini disampaikan secara resmi di akun twitter Sang Menang @kaesang_id, Sabtu (10/6/2023).

"Saya Kaesang Pangarep. Saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya. Insya Allah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama," kata Kaesang dalam video tersebut.

 

Pada hari ini, Presiden Jokowi memberikan tanggapannya terkait putranya, Kaesang Pangarep, yang siap mencalokan diri sebagai Wali Kota Depok. Jokowi mengatakan, sebagai orang tua tentunya merestui dan mendoakan rencana Kaesang tersebut.

"Tugasnya orang tua itu merestui dan mendoakan,” kata Jokowi di gedung BPKP, Rabu (14/6/2023).

Jokowi menyampaikan, saat ini Kaesang sudah memiliki keluarga sendiri. Sehingga, Kaesang memiliki tanggung jawab atas pilihannya tersebut.

“Saya itu terbiasa ya, terbiasa kalau yang namanya anak sudah berkeluarga, saya punya anak sudah berkeluarga, itu tanggung jawabnya ada sudah di mereka,” ujar Jokowi.

Namun jika ditanya terkait keinginan Kaesang tersebut, ia mengaku akan memberikan saran-sarannya. Begitu pula sebaliknya, jika Kaesang tidak meminta saran kepadanya, maka ia pun tak akan memberikan saran kepada putranya itu.

“Kalau saya ditanya, saya pasti memberikan saran. Tapi kalau saya tidak ditanya saya pasti tidak memberikan saran. Tanyakan langsung ke Kaesang,” kata Jokowi.

 

Sebelumnya, pengamat politik, Hendri Satrio mengatakan, Kaesang Pangarep adalah sosok yang bisa memenangkan Pilwalkot. Bahkan, ia menyebut, hanya Kaesang yang sebenarnya bisa mengalahkan dominasi PKS di Depok yang berlangsung hampir dua dekade.

"Jadi hanya Kaesang yang bisa mengalahkan PKS," ujar Hendri kepada Republika, Selasa (13/6/2023).

Kemungkinan Kaesang menang di Kota Depok disebutnya akan semakin besar jika capres yang menang pada Pilpres 2024 adalah pilihan Jokowi. "Kalau presiden yang menang pilihan bapaknya, Kaesang sangat mungkin menang seperti mas Gibran di Solo kan," katanya.

Meski begitu, ia masih ragu kalau Kaesang akan benar-benar maju di jadi calon Wali Kota Depok pada Pilkada 2024. Ia masih memperkirakan bahwa Kaesang akan maju di Pilkada Sleman.

"Karena Kaesang kan justru putra daerahnya itu di Sleman dan di Solo. Sleman kan kampung istrinya. Kalau di Depok itu, dia itu mau ngetes PKS kali ya, kan PKS menang terus tuh di sana (Depok)," ujarnya.

Dia juga mengatakan, majunya Kaesang Pangarep sebagai calon Wali Kota Depok merupakan tindakan aji mumpung atau memanfaatkan kesempatan karena ayahnya masih menjabat sebagai presiden. Tindakan ini juga yang disebutnya dilakukan keluarga Jokowi selama ini.

"Mas Kaesang kan hanya memanfaatkan aji mumpung bapaknya sedang jadi presiden dan kemudian mengendarai alasan demokrasi. Jadi ya tergantung nanti warga Depok itu," jelas Hendri.

 

photo
Kaesang maju Pilkada Depok - (Republika/berbagai sumber)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement