Senin 12 Jun 2023 14:00 WIB

Trotoar Depan Kedubes AS Dibuka, Pj Heru Ucapkan Terima Kasih

Heru Budi mengapresiasi kolaborasi antara Kemenlu, Kedubes AS, dan Pemprov DKI.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Pejalan kaki melintas di trotoar di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Ahad (11/6/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Pejalan kaki melintas di trotoar di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Ahad (11/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau trotoar di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat pada Ahad (11/6/2023). Dia pun menginstruksikan organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemprov DKI untuk melakukan penataan lanjutan di area tersebut.  



"Pertama, cone dan movable concrete barrier (MCB) sudah diangkut. Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran Kemenlu dan Duta Besar Amerika yang telah mau bersama-sama mengembalikan fungsi trotoar," kata Heru dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (12/6/2023).

Heru sangat mengapresiasi sinergi antara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kedubes AS bersama Pemprov DKI, sehingga dapat mengembalikan fungsi trotoar untuk pejalan kaki.

 Hal itu juga sekaligus menyerap aspirasi masyarakat yang ingin memanfaatkan trotoar di depan Kedubes AS.

"Pengecekan ini dilakukan bertujuan agar area trotoar makin nyaman dan indah untuk dilewati masyarakat. Saya menginstruksikan pembersihan dan penataan di sekitar trotoar, termasuk menata kabel PLN," kata Heru.



Dia menyampaikan, Pemprov DKI juga akan merapikan pohon di sekitarnya. Tujuannya supaya para pejalan kaki tidak terhalang apapun ketika sedang berjalan di wilayah tersebut.


"Memang dari awal saya ingin ada kemudahan bagi warga, yang dari arah Tugu Tani bisa terus berjalan ke arah Patung Kuda, supaya nyaman. Harapannya, ke depan dapat berfungsi secara optimal," ucap Heru.



Pemprov DKI Jakarta telah membuka trotoar di depan Kedubes AS pada Jumat (9/6/2023), tepat pukul 22.00 WIB. Petugas Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP DKI Jakarta menggeser MCB dan merapikan beton yang menutupi trotoar. Kegiatan tersebut juga disaksikan oleh jajaran Kemenlu dan Kedubes AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement