Jumat 09 Jun 2023 18:44 WIB

Dosen Universitas BSI Ungkap Lima Pekerjaan Menjanjikan di Masa Depan

Kelima pekerjaan ini menjanjikan karena banyak dibutuhkan di masa depan.

Sektor teknologi mendominasi untuk kriteria pekerjaan yang menjanjikan untuk masa depan.
Foto: Dok. Universitas BSI
Sektor teknologi mendominasi untuk kriteria pekerjaan yang menjanjikan untuk masa depan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Punya pekerjaan menjanjikan di masa depan menjadi impian banyak orang. Pekerjaan yang menjanjikan sering dikaitkan dengan peghasilan yang didapat dengan stabilitas dan kebebasan finansial jangka panjang.

Pekerjaan yang membawa prospek cerah tidak hanya pada satu bidang tertentu. Sektor lain juga memberi peluang gemilang tergantung pada tren dan skill yang dibutuhkan. Saat ini, kesempatan memperoleh pekerjaan dengan masa depan menjanjikan sangat terbuka luas.

Baca Juga

Kepala Program Studi (Prodi) Ilmu Komputer Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi Denny Priadi menyebutkan, sektor teknologi mendominasi untuk kriteria pekerjaan yang menjanjikan untuk masa depan. Hal tersebut juga tak lepas dari pesatnya perkembangan di dunia teknologi. 

“Bidang teknologi memang mendominasi, namun di bidang lain juga banyak yang menjanjikan dan peluangnya sangat besar. Ini harus menjadi perhatian lebih dari generasi sekarang, agar bisa menyiapkan skill yang dibutuhkan di bidang tersebut, jadi mereka sudah siap,” kata Denny, dalam keterangan tertulis, Jumat (9/6/2023).

Apa saja pekerjaan yang menjanjikan untuk masa depan? Berikut daftar 5 pekerjaan yang menjanjikan untuk masa depan, bisa menjadi rujukan calon mahasiswa dalam memilih jurusan kuliah.

 

1. Tenaga Medis

Tenaga medis menjadi profesi yang selalu dibutuhkan, begitu juga di masa mendatang. Selain itu, pekerjaan di bidang kesehatan juga menawarkan gaji yang sangat baik. Tentunya untuk menjadi tenaga medis kamu harus mengenyam Pendidikan yang berhubungan dengan medis pula.

 

2. Data Scientist

Data scientist merupakan salah satu pekerjaan yang sangat dibutuhkan di masa depan. Profesi ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan di berbagai sektor. 

Pasalnya, tugas dari seorang Data Scientist sangat penting di sebuah perusahaan, mereka yang selalu menganalisis angka dan informasi untuk pengembangan dan strategi bisnis. Untuk menjadi seorang data scientist disarankan untuk mengambil kursus data scientist atau kuliah dengan mengambil jurusan Ilmu Komputer.

 

3. System Security Analyst

Pesatnya perkembangan industri digital juga membutuhkan keamanan yang tinggi. Banyak perusahaan yang berupaya meningkatkan proteksi dari sisi keamanan informasi mereka. Analis sistem security merupakan salah satu profesi yang banyak dibutuhkan di masa mendatang untuk berbagai sektor perusahaan.

 

4. Industri Kreatif

Industri kreatif yang kini tumbuh berkembang dan beragam membuat pekerjaan di sektor ini menjanjikan untuk masa depan. Menekuni bisnis di dunia kreatif seperti hiburan atau media juga merupakan pekerjaan yang cerah di masa depan.

 

5. Insinyur

Insinyur merupakan salah satu pekerjaan yang menjanjikan di masa depan. Pekerjaan ini sangat berkaitan dengan perkembangan industri di masa mendatang. Lulusan ilmu bidang teknik sangat dibutuhkan untuk berbagai industri, baik di dalam maupun luar negeri, seperti lulusan teknik industri, informatika, sipil, mesin, perminyakan, dan lainnya.

Denny mengatakan, kelima profesi tersebut, sangat mungkin dikuasai generasi muda sebagai persiapan masa depan mereka. Menurutnya, dalam kebutuhan di bidang teknologi misalnya, bisa dipelajari di Prodi Ilmu Komputer di Universitas BSI kampus Sukabumi.

“Dari kelima profesi tersebut, sektor teknologi sangat mendominasi. Jika ingin punya karir cerah bisa masuk di Prodi Ilmu Komputer Universitas BSI kampus Sukabumi. Selain itu, Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif, menyiapkan mahasiswanya punya skill di dunia digital kreatif,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement