Kamis 08 Jun 2023 18:20 WIB

Rekomendasi Rakernas PDIP: Masa Jabatan Kades Jadi 9 Tahun untuk Dua Periode

PDIP akan mendorong revisi UU tentang Desa untuk perpanjang masa jabatan kepala desa.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Ketua DPP PDIP, Puan Maharani membacakan 17 rekomendasi eksternal hasil Rakernas III PDIP, di Sekolah Partai, Jakarta, Kamis (8/6/2023).
Foto:

Sebelumnya, Pakar Hukum Tata Negara Universitas Brawijaya, Aan Eko Widiarto menilai masa jabatan kepala desa yang diusulkan hingga sembilan tahun terlalu lama dan tidak cocok pada era modern seperti saat ini. Aan mengatakan, Indonesia sudah mendapatkan pelajaran berharga pada pengalaman lalu terkait masa jabatan presiden.

"Pengalaman bangsa ini cukup panjang, mulai dari pengalaman masa jabatan Presiden Soekarno hingga Soeharto. Ini harus menjadi pelajaran. Sehingga, masa jabatan kepala desa (yang terlalu lama) tidak lagi bisa diterapkan untuk zaman modern seperti saat ini," kata Aan.

Dia pun menilai masa jabatan kepala desa saat ini yang selama enam tahun,sudah berada pada titik kompromi. Sehingga, jika seseorang menjadi kepala desa selama dua periode, maka dia bisa berkuasa hingga 12 tahun.

Kurun waktu tersebut sudah cukup panjang sehingga tidak perlu lagi ada perpanjangan masa jabatan hingga sembilan tahun. Dengan masa jabatan selama enam tahun tersebut, proses kaderisasi dan regenerasi untuk kemajuan desa bisa terjamin.

"Sudah cukup panjang, jadi tidak perlu sembilan tahun, kemudian menjadi 18 tahun. Kemudian kapan kita itu bisa memikirkan regenerasi, pemikiran untuk membuat desa itu maju," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement