Kamis 01 Jun 2023 17:30 WIB

Mau Buat Konten Marketing? Ikuti Strategi Ini

Konten marketing memungkinkan perusahaan mengedukasi konsumen tentang produk.

Konten marketing memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang kuat antara merek dan konsumen.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Konten marketing memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang kuat antara merek dan konsumen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam era digital yang terus berkembang, konten marketing telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif. Konten marketing merupakan strategi promosi/pemasaran yang direncanakan dan didistribusikan dengan tujuan untuk membangun kesadaran customer untuk membeli (awareness). Dari brand awareness diharapkan bisa mendatangkan konversi. Tujuan tidak langsung dari konten yang ada namun untuk membangun citra bisnis di mata konsumen dan calon konsumen.

Maruloh selaku kepala bagian Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengatakan bahwa konten marketing memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang kuat antara merek dan konsumen. 

Baca Juga

“Melalui konten yang informatif, inspiratif, dan menghibur, perusahaan dapat menarik perhatian audiens potensial, membangun kepercayaan dan menghasilkan interaksi yang berarti,” katanya dalam rilis yang diterima, Kamis (1/6/2023). 

Konten marketing, terangnya memungkinkan perusahaan untuk mengedukasi konsumen tentang produk atau layanan mereka, memecahkan masalah, dan memberikan nilai tambah kepada audiens. “Salah satu strategi dalam membuat konten marketing adalah dengan The AIDA Model. The Aida Model merupakan sebuah singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action, berikut ulasannya,” papar Maruloh.

1. Attention

Mulailah dengan judul atau headline yang menarik perhatian audiens. Gunakan kalimat singkat, padat, dan menarik untuk menarik perhatian mereka. Gunakan elemen visual yang menarik, seperti gambar atau video, untuk memikat mata audiens dan membuat mereka ingin melanjutkan membaca atau menonton konten Anda.

2. Interest

Setelah mendapatkan perhatian, lanjutkan dengan membangun minat audiens terhadap topik yang Anda bahas. Berikan informasi yang relevan, menarik, dan berguna untuk memancing minat mereka. Sertakan cerita atau contoh nyata yang dapat menghubungkan audiens dengan konten Anda, sehingga mereka merasa terlibat dan ingin tahu lebih lanjut.

3. Desire

Selanjutnya, tumbuhkan keinginan audiens untuk memiliki produk atau layanan Anda. Fokus pada manfaat dan keuntungan yang mereka dapatkan dari penggunaan produk atau layanan Anda. Sertakan testimoni atau ulasan positif dari pelanggan sebelumnya untuk memperkuat keinginan audiens. Gunakan cerita sukses atau studi kasus yang menunjukkan bagaimana produk atau layanan Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

4. Action

Akhirnya, ajak audiens untuk mengambil tindakan konkret. Berikan panggilan tindakan yang jelas dan terarah, seperti "Beli Sekarang", "Daftar Sekarang", atau "Hubungi Kami". Berikan insentif atau penawaran khusus, seperti diskon, hadiah, atau periode uji coba gratis, untuk mendorong audiens agar segera mengambil tindakan. Sediakan tautan atau informasi kontak yang jelas dan mudah diakses agar audiens dapat langsung berinteraksi atau melakukan pembelian.

Penting untuk menjaga alur AIDA yang terstruktur dan mengikuti langkah-langkah secara berurutan. Selain itu, tegas Maruloh penting juga untuk memahami audiens dengan baik agar dapat membuat konten yang relevan dan menarik bagi mereka. 

“Lakukan pengujian dan analisis secara teratur untuk melihat kinerja konten yang sudah dibuat lalu lakukan perbaikan jika diperlukan. Semoga strategi ini bermanfaat buat teman-teman yang akan membuat konten marketing,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement