Kamis 01 Jun 2023 13:30 WIB

Unisba dan Pemkab Kotabaru Tandatangani Kerjasama Pendidikan

Kerjasama Unisba dan Pemkab Kotabaru menjadi bagian dari pengabdian masyarakat.

Sebagai wujud implementasi tridharma, Universitas Islam Bandung (Unisba) dan Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk pembangunan Kotabaru, Rabu (31/5/2023) malam.
Foto: Dok. Unisba
Sebagai wujud implementasi tridharma, Universitas Islam Bandung (Unisba) dan Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk pembangunan Kotabaru, Rabu (31/5/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTABARU -- Universitas Islam Bandung (Unisba) dan Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk pembangunan Kotabaru dalam hal tridharma. Nota kesepahaman ditandatangani langsung oleh Rektor Unisba Prof Dr H Edi Setiadi SH MH dan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar SH di kediaman bupati, Rabu (31/5/2023) malam.

photo
Rektor Unisba Prof Dr H Edi Setiadi SH MH (tengah) menyaksikan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar SH (kiri) dan Dekan Fikom Unisba Prof Dr Atie Rachmiatie (kiri) tengah bertukar cinderamata di Kabupaten Kotabaru, Rabu (31/5/2023) malam. - (Dok. Unisba)

Rektor Unisba Prof. Dr. H. Edi Setiadi mengatakan, penandatanganan ini menjadi titik awal kerjasama yang lebih jauh terkait tridharma perguruan tinggi. Nantinya, kata dia, kerjasama akan diimplementasikan oleh Unisba dengan 10 fakultas dan 33 program studi.

‘’Tujuannya untuk membantu pengembangan Kabupaten Kotabaru dalam hal keilmuan, baik pengajaran, penelitian, ataupun pengabdian kepada masyarakat,’’ ujar Edi. Dia menyontohkan, dalam hal pengajaran, Pemkab Kotabaru bisa mengirimkan pegawainya untuk melanjutkan studi di Unisba.

Dalam hal penelitian dan pengabdian, tutur dia, dapat menjadi bentuk kerjasama dalam beberapa sektor, seperti sektor pariwisata dan industri. Unisba, tegas dia, kini sudah bisa melakukan pembelajaran jarak jauh dengan sistem hybrid.

‘’Kami punya pakar-pakar dalam keilmuan yang dapat membantu pengembangan daerah, misalnya Fakultas Ilmu Komunikasi dalam Komunikasi Pariwisata, ataupun fakultas-fakultas lainnya,’’ tambahnya.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar SH menyambut baik dan mendorong kerjasama yang lebih konkret dengan Unisba. Keunggulan Unisba, tutur dia, sebagai perguruan tinggi yang mengedepankan mujahid, mujtahid dan mujaddid.

Misi itu, tambah Sayed, selaras dengan komitmen Pemkab Kotabaru dalam melayani masyarakat. ‘’Kolabarasi Unisba dengan Pemkab Kotabaru harus dikekalkan dalam wujud kerjasama teknis untuk kemaslahatan warga dan kemajuan Kotabaru,’’ papar Sayed.

Unisba memiliki 10 Fakultas, yakni Fakultas Syariah, Fakultas Dakwah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Kedokteran. Unisba juga membuka pendidikan dari jenjang S1, S2, S3, dan profesi.

Untuk meningkatkan kemampuan lulusan, Unisba juga memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang dapat mengeluarkan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Setifikasi Profesi (BNSP).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement