Rabu 31 May 2023 06:00 WIB

Dicari Negarawan, Bukan Politisi: Ingat Hatta, Sukarno, Syahrir, Nasir, Roem, Sartono?

Negarawan yang mampu membangun jembatan emas bagi rakyat Indonesia.

Foto atas dari kiri ke kanan:  Mr Amir Sjarifoeddin Harahap, Sutan Sjahrir dan Mr Mohammad Roem saat menghadiri rapat pleno KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) ke 5 di Malang pada Tahun  1947.
Foto:

Bagaimana setelah reformasi? Ketika semua orang sedang dilanda sukacita reformasi sekian tahun yang lalu, Nurcholish Madjid menulis pada tabloid Tekad Jakarta, bahwa reformasi perlu berangkat dari kesadaran makna dan tujuan hidup yang lebih tinggi, daripada sekadar kepentingan pribadi atau kelompok dalam arti yang sempit. Bahwa dampak nyata reformasi memang bersifat sosial, dalam arti menyangkut orang banyak. 

Namun, titik tolak yang amat mendalam bagi tekad ini, malah amat personal yang tersimpan dalam diri manusia yang paling dalam, tanpa kemungkinan orang lain untuk mengintervensinya. 

Hal yang bersifat personal ini, berupa sistem keyakinan atau kemauan memberikan seorang makna dan tujuan hidup dalam perjuangan cita-cita dan motivasi dalam menempuh perjuangan cita-cita tersebut. Dengan adanya kesadaran yang disebut sebagai ultimate, tujuan akhir dan utama, maka orang akan mempunyai kesanggupan untuk menderita, karena di belakang semua ini, ia akan menemukan kebahagiaan yang sejati. 

Apa yang dimaksud Nurcholish mengenai makna dan tujuan reformasi itu, searah dengan cita-cita para pendiri republik ini di awal kemerdekaan. Bahwa tekad dalam revolusi kemerdekaan, memerlukan komitmen kepada nilai-nilai luhur budi pekerti kemasyarakatan. Bahwa untuk hidup dengan kesenangan tertunda dengan tidak mengikuti keinginan diri sendiri secara egois dan individualistis. 

Itu pula makna dari kata-kata Bung Kamo dulu yang terkenal bahwa kemerdekaan hanyalah jembatan emas untuk mencapai nilai luhur kemerdekaan pada masa akan datang. Bahwa di balik jembatan emas itu, di seberang sana, sudah menunggu masyarakat adil, makmur, dan sejahtera. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement