Senin 29 May 2023 06:25 WIB

Christian Adinata, Cedera Atlet dan Padatnya Jadwal Turnamen

Pemain tunggal putra Christian Adinata mengalami cedera di semifinal Malaysia Masters

Pemain tunggal putra Christian Adinata mengalami cedera di semifinal Malaysia Masters 2023.
Foto:

Padatnya jadwal pertandingan juga akan terjadi selama Oktober-November 2023 mendatang. Karena delapan turnamen akan digelar secara beruntun dan hanya jeda sehari. Sungguh melelahkan. Selama dua bulan itu pun turnamen yang digelar dari sekelas Super 300 hingga Super 750. Turnamen pun cukup prestisius, di antaranya Denmark Open 2023, French Open 2023 dan China Masters 2023 yang semuanya kelas Super 750.

Perebutan poin untuk Olimpiade 2024 diketahui dimulai pada 1 Mei 2023 hingga 28 April 2024. Turnamen-turnamen selepas Malaysia Masters 2023 akan sangat berarti untuk seluruh atlet yang ingin lolos ke Olimpiade Paris 2024. Dengan padatnya jadwal turnamen, tentu akan menjadi ‘buah simalakama’ untuk para atlet. Diikuti semuanya dan meraih poin sebanyak-banyaknya dengan risiko cedera atau memilah-pilah turnamen untuk mencegah cedera, tapi tentunya poin tidak sebanyak yang didapatkan atlet lainnya.

Maka dari itu, tiap atlet dan negara, harus memiliki strategi yang baik, yang mampu mengakomodasi kebutuhan atlet dalam meraup poin, namun tetap harus melihat kondisi atletnya. Jangan sampai atlet dikerahkan secara maksimal namun cedera dan justru tak bisa mengikuti olimpiade yang menjadi impian tiap atlet. Apalagi dengan maksimal tiap negara hanya maksimal mengirimkan dua wakilnya di tiap nomor, akan menimbulkan persaingan atlet, tidak hanya antar negara, namun juga antar atlet sesama negara sendiri.

Di Indonesia, persaingan ketat ini akan terlihat di ganda putra, dibandingkan sektor lain. Karena Indonesia saat ini memiliki enam pasang yang memiliki kualitas hampir setara. Ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (1), Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (6), Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (9), Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (13), Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (18) dan Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Rambitan (32).

Dengan mengacu hasil Malaysia Masters 2023, tentu saat ini posisi teratas raihan poin tertinggi ada di Leo/Daniel yang menjadi semifinalis. Diikuti pasangan senior Hendra/Ahsan sebagai perempat finalis.

Sedangkan di tunggal putra, Adinata yang meraih poin tertinggi sebagai semifinalis. Namun dengan cederanya yang tidak ringan, kemungkinan Adinata tidak akan mengikuti banyak turnamen dalam dua bulan ini, termasuk Indonesia Open 2023.

Semoga kejadian cedera Adinata menjadi yang terakhir untuk atlet Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement