Jumat 26 May 2023 13:59 WIB

Warga Jerman Bugil Saat Pementasan Tari di Ubud, Bali, Alami Depresi Akut

Turis perempuan DT (28 tahun) kini dirawat di Rumah Sakit Jiwa Bangli, Provinsi Bali.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu.
Foto: Dok Kemenkumham
Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali menyatakan, warga negara Jerman berinisial DT (28 tahun) yang tidak mengenakan pakaian alias bugil di tengah pementasan tari di kawasan Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, ternyata mengalami depresi akut.

Video ulah DT itu viral dan menjadi sorotan warganet. "Waktu masuk Bali, belum ada gangguan jiwa, tapi dia sudah mengonsumsi obat antidepresi, jadi ada sindrom depresi akut," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu di Renon, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Jumat (26/5/2023).

Anggiat menjelaskan, DT yang seorang perempuan itu pada saat bersamaan juga kehabisan obat dan uang selama berada di Pulau Dewata. Kanwil Kemenkumham Bali pun sudah meminta Kedutaan Besar Jerman di Jakarta untuk menghubungi keluarga DT terkait pemulangannya ke negeri asalnya.

Sementara, Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Denpasar Tedy Riyandi menjelaskan, pihaknya saat ini belum bisa melakukan tindakan lanjutan kepada yang bersangkutan. Hal itu mengingat, DJ sedang dalam perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Kabupaten Bangli.

 

Dengan kondisi kejiwaan DT yang sedang terganggu, dia melanjutkan, Migrasi Denpasar mengurungkan niat melakukan pemeriksaan. Meski demikian, Kanim Denpasar sudah menahan sementara paspor atas nama DT.

"Dari pihak rumah sakit menyampaikan jika dia harus kembali (ke Jerman). Maka diminta untuk keluarga mendampingi. Kami sudah komunikasi dengan Konsulat Jerman di Bali juga," kata Tedy.

Sebelumnya, beredar video yang menampilan seorang perempuan asing telanjang dan menerobos pementasan tari Bali. Kejadian tersebut terjadi di Puri Saraswati, Ubud, Kabupaten Gianyar, Senin (22/5/2023) sekitar pukul 20.00 Wita.

Berdasarkan keterangan petugas setempat, DT sempat mendatangi stan tiket yang sudah habis. Kemudian, ia melepas daster yang dikenakannya hingga menerobos pementasan tari yang sedang berlangsung. DT kemudian diamankan petugas setempat dan dilaporkan kepada aparat berwenang.

Selama berada di Bali, DT diketahui menginap seorang diri di salah satu penginapan di Ubud, Gianyar. Dia seharusnya sudah kembali ke Jerman pada Senin (22/5/2023) karena sempat diantar petugas hotel ke Bandara Ngurah Rai sekitar pukul 07.00 Wita. Namun, entah mengapa, DT balik lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement