Senin 22 May 2023 16:05 WIB

Pemanggilan Gibran Bukti PDIP Khawatirkan Manuver Relawan Jokowi

Ada kesan ketidaksolidan di internal PDIP dalam mendukung Ganjar sebagai capres.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai mengelar pertemuan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (22/5/2023). Gibran Rakabuming Raka dimintai klarifikasi oleh PDIP terkait pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan relawan Jokowi di Solo.
Foto:

Pada Senin (22/5/2023), Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menerima penjelasan dari Gibran terkait pertemuannya dengan Prabowo Subianto dalam acara relawan Jokowi se-Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menyatakan dukungan kepada ketua umum Partai Gerindra itu. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan, Gibran tegak lurus menjalankan kebijakan partai sebagai kepala daerah.

Namun, tak dapat dimungkiri, posisi Gibran sebagai putra sulung Presiden Jokowi menjadikannya strategis. Hal inilah yang membuat banyak pihak yang datang ke Solo melakukan manuver dan dansa politik.

"Yang datang ke Solo itu kan ada yang membawa dansa-dansa itu (politik). Jadi, Solo ini kan ada show-nya, ada dinamiknya, tapi keharmonian," ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (22/5/2023).

Ia mengatakan, dansa-dansa politik itu dilakukan banyak pihak yang datang ke Solo itu karena berbagai manuver hingga pragmatisme kekuasaan. Hal tersebut juga dapat memunculkan sisi gelap dari politik itu sendiri.

Menurut Hasto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga paham dengan adanya dansa politik yang ditujukan kepada Gibran. Mengingat, Solo adalah salah satu lumbung suara PDIP dan Gibran adalah putra dari Jokowi.

"Begitu pula strategi silent is golden itu tadi juga disampaikan Ibu Mega, juga hal-hal yang berkaitan dengan kecenderungan terjadinya dansa-dansa politik dan juga di dalam politik karena berbagai manuver-manuver kekuasaan, pragmatisme kekuasaan," ujar Hasto.

Gibran oun mengakui telah memberikan penjelasannya kepada DPP PDIP terkait pertemuannya dengan Prabowo Subianto dalam acara relawan Jokowi se-Jateng dan Jatim. Gibran menegaskan, dirinya akan tetap tegak lurus terhadap instruksi Ketua Umum PDIP MEgawati Soekarnoputri.

"Saya sudah mendapat banyak sekali masukan, nasihat, saya sudah menjelaskan kronologi dari A sampai Z terkait pertemuan kemarin dan alhamdulillah beliau-beliau dapat memahami itu," ujar Gibran di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (22/5/2023).

"Sekali lagi terima kasih untuk masukan dan nasehatnya dan sekali lagi saya sebagai kader PDIP, sebagai kader muda, saya akan tetap tegak lurus sesuai arahan Ibu Ketua Umum," sambungnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement