Ahad 21 May 2023 13:51 WIB

Jokowi dan Iriana Kunjungi Hiroshima Peace Memorial Park

Jokowi memberikan penghormatan kepada para korban bom atom di Hiroshima.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
 Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida (tengah) dan para pemimpin dari negara tamu undangan berpose untuk foto, setelah meletakkan bunga di Cenotaph untuk Korban Bom Atom, di Peace Memorial Park di Hiroshima, Jepang barat, di sela-sela Rombongan Pertemuan Tujuh Negara (G7), Ahad (21/5/2023)  Para pemimpin dari negara tamu undangan, dari kiri ke kanan, Sekretaris Jenderal Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) Mathias Cormann, Direktur Eksekutif Energi Internasional Agency Fatih Birol, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Presiden Bank Dunia David Malpass, Perdana Menteri India Narendra Modi, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, Presiden Indonesia Joko Widodo, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, Perdana Menteri Jepang Kishida, Presiden Brazil Luiz Inacio Lula de Silva, Presiden Komoro Azali Assoumani, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown, Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala, dan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva .
Foto: Kyodo News via AP
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida (tengah) dan para pemimpin dari negara tamu undangan berpose untuk foto, setelah meletakkan bunga di Cenotaph untuk Korban Bom Atom, di Peace Memorial Park di Hiroshima, Jepang barat, di sela-sela Rombongan Pertemuan Tujuh Negara (G7), Ahad (21/5/2023) Para pemimpin dari negara tamu undangan, dari kiri ke kanan, Sekretaris Jenderal Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) Mathias Cormann, Direktur Eksekutif Energi Internasional Agency Fatih Birol, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Presiden Bank Dunia David Malpass, Perdana Menteri India Narendra Modi, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, Presiden Indonesia Joko Widodo, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, Perdana Menteri Jepang Kishida, Presiden Brazil Luiz Inacio Lula de Silva, Presiden Komoro Azali Assoumani, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown, Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala, dan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Iriana Jokowi berkunjung ke Hiroshima Peace Memorial Park, pada Ahad (21/5/2023). Kunjungan tersebut merupakan rangkaian dari program Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 Outreach.

Dikutip dari siaran pers Istana, tiba sekitar pukul 08.30 waktu setempat, Jokowi dan Iriana disambut Gubernur Prefektur Hiroshima Hidehiko Yuzaki dan Wali Kota Hiroshima Kazumi Matsui. Keduanya kemudian bersama-sama menuju Hiroshima Peace Memorial Museum.

Baca Juga

Setelahnya, Presiden bersama para pemimpin negara lainnya menandatangani buku tamu untuk kemudian bersama-sama pemimpin lainnya berjalan menuju monumen peringatan atau cenotaph. Di depan monumen tersebut, Presiden dan para pemimpin negara kemudian melakukan upacara peletakan karangan bunga dan memberikan penghormatan kepada para korban bom atom di Hiroshima.

Dalam kesempatan terpisah, Iriana bersama Yuko Kishida dan para pendamping pemimpin negara mitra G7 juga melakukan upacara peletakan karangan bunga di monumen. Mereka memberikan penghormatan kepada para korban bom atom di Hiroshima.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement