Jumat 19 May 2023 10:55 WIB

Indonesia Ajukan Dana ke Bank Dunia untuk Pandemi Masa Depan

Indonesia butuh kekuatan finansial untuk menghadapi risiko yang muncul akibat pandemi

Menteri Budi Gunadi Sadikin. Pemerintah Republik Indonesia mengajukan proposal dana ke Bank Dunia untuk kebutuhan memperkuat persiapan menghadapi ancaman pandemi di masa depan.
Foto:

Sementara itu dilansir dari siaran pers Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengatakan penandatanganan proposal Indonesia untuk dana pandemi merupakan momentum yang baik untuk kesiapsiagaan menghadapi pandemi yang akan datang.

Berdasarkan pengalaman dari pandemi sebelumnya, kata Sri, Indonesia membutuhkan kekuatan secara finansial untuk menghadapi risiko yang muncul akibat pandemi.

"Sebagai sebuah negara, tidak boleh mengabaikan begitu saja terhadap pandemi. Dana pandemi menjadi bagian dari solusi kesiapsiagaan dalam menghadapi pandemi yang akan datang," ujarnya.

Ia mengatakan seluruh negara membutuhkan persiapan matang, sebab hampir semua ahli mengatakan bahwa pandemi COVID-19 tidak akan menjadi pandemi yang terakhir.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen mengapresiasi Indonesia atas pencapaian tersebut. "Sekarang Indonesia mencoba untuk memanfaatkan dana untuk pandemi, dan pemerintah telah menyusun proposal yang sangat baik," katanya.

 

Agenda penandatanganan proposal kepada Bank Dunia, kata Kahkonen, dapat menjadi contoh bagaimana dana pandemi dapat mendukung kesiapsiagaan dan respons pandemi di masa depan. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement