Selasa 16 May 2023 17:23 WIB

Pelatihan Khutbah di Kabupaten Langkat, Usbat Upayakan Siar Islam ke Pelosok Sumatra Utara

Kegiatan ini menggandeng Majelis Taklim Darul Muta'alimin di Dusun VIII Tanjung Tiga.

Pelatihan cara menjadi khatib yang baik dan benar bersama jemaah Majelis Taklim Darul Muta
Foto: Dok. Web
Pelatihan cara menjadi khatib yang baik dan benar bersama jemaah Majelis Taklim Darul Muta

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAT -- Kelompok relawan Ustadz Sahabat (Usbat) terus mensyiarkan Islam ke pelosok-pelosok Provinsi Sumatra Utara (Sumut) dengan berbagai macam kegiatan positif. Dilansir dari Antara, Selasa (16/5/2023), Usbat Ganjar menggelar pelatihan cara menjadi khatib yang baik dan benar bersama jemaah Majelis Taklim Darul Muta'alimin di Dusun VIII Tanjung Tiga, Desa Karang Gading, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat. 

Koordinator Daerah (Korda) Usbat Ganjar Kabupaten Langkat Muhammad Rizki mengatakan pihaknya mengatakan Kabupaten Langkat membutuhkan banyak sekali khatib untuk berkhutbah saat sholat Jumat. Karena itu, pihaknya menghelat pelatihan tersebut agar makin banyak warga yang mampu menjadi khatib di wilayah tersebut.

Baca Juga

"Hari ini kami melaksanakan pelatihan khatib Jumat karena di daerah ini membutuhkan banyak khatib untuk salat Jumat," kata dia. 

Dalam pelatihan tersebut, pihaknya menyampaikan beberapa materi mulai rukun-rukun sholat Jumat hingga cara menjadi khatib yang baik dan benar.

"Materi tadi termasuk salah satunya rukun sholat Jumat dan bagaimana cara menjadi khatib Jumat yang baik," ujarnya.

Ustaz Rizki menyatakan, masyarakat di wilayah ini masih kurang memahami rukun dan syarat khotbah saat sholat Jumat. "Kurangnya pemahaman para khatib Jumat di desa kami bagaimana baiknya berkhutbah di kegiatan sholat Jumat," ucapnya.

Dengan adanya pelatihan berkhutbah tersebut, warga Kabupaten Langkat ke depan bisa menjadi khatib yang baik dan benar. "Tujuannya, khatib di sini memahami rukun-rukun salat Jumat dan menjadi khatib yang baik dan benar seperti apa," kata Rizki.

Selain itu, dengan mengetahui syarat dan rukun tersebut, ibadah Jumat para jamaah menjadi sah. "Kita tidak terlepas dari rukun yang diatur oleh syariat Islam sehingga rangkaian sholat Jumat kita menjadi sah," katanya.

Rizki mengatakan, pihaknya berharap kegiatan positif yang diadakannya bisa menambah ilmu dan wawasan para jamaah di kabupaten ini. Selain itu, Usbat berkomitmen terus mendukung kegiatan Islami di Kabupaten Langkat.

"Harapannya, Usbat bisa mendukung kegiatan Islam di Kabupaten Langkat dan bisa memberikan ilmu apa pun tentang syariat Islam dan fikih di sini," kata dia.

Rizki menambahkan para jamaah yang hadir sangat antusias mengikuti pelatihan berkhutbah tersebut. Terbukti, ada sekitar 100 peserta yang menyimak dengan baik kegiatan ini.

"Masyarakat yang ikut sangat antusias karena mereka mendapatkan manfaat yang besar. Ada sekitar 100 orang yang di antaranya para khatib jumat," ungkapnya.

"Kegiatan ke depan kami akan melaksanakan pelatihan bilal, bulan depan penyuluhan stunting dan bahaya narkoba, pemahaman tentang najis, serta cara mandi wajib yang benar."

Sementara itu, Sulaiman, peserta pelatihan khatib, mengatakan dirinya antusias mempraktikkan cara menjadi khatib. Dia juga mendapatkan ilmu dan wawasan yang bermanfaat.

"Alhamdulilah saya senang sekali karena bisa mendapat ilmu dan wawasan untuk kami," katanya. 

Pria berusia 46 tahun ini menjelaskan dirinya kini mengetahui cara berkhutbah dan bisa menjadi khatib sholat Jumat. "Tentang khutbah dan cara tingkatkan ketakwaan kepada Allah. Insya Allah akan dicoba. Ini sangat bermanfaat untuk masyarakat di sini," ujarnya.

Sulaiman berharap dirinya bisa langsung mempraktikkan menjadi khatib saat sholat Jumat nanti. "Harapannya, mudah-mudahan saya bisa lancar dan terbiasa menjadi khatib Jumat," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Usbat Ganjar Sumut juga memberikan karpet dan sound system kepada Majelis Taklim Darul Muta'alimin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement