Ahad 14 May 2023 12:10 WIB

Menko Airlangga Jalan Santai Peringati Sewindu PSN dari Stasiun MRT

Hasil konkret PSN selain MRT yakni TransJawa sepanjang 1.167 kilometer.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) saat mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, Jawa Timur, pada Kamis (2/2/2023).
Foto: Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) saat mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, Jawa Timur, pada Kamis (2/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memeringati sewindu berjalannya Proyek Strategis Nasional (PSN), Ahad (14/5/2023). Peringatan sewindu PSN dilakukan dengan jalan santai dari Stasiun MRT Istora Senayan ke Gelora Bung Karno Jakarta.

Kegiatan tersebut dilakukan bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. "Hari ini adalah peringatan sewindu PSN yang sengaja dilaksanakan dengan 'fun walk' dari stasiun MRT. Ini menunjukkan bahwa PSN sudah berjalan dan salah satu yang konkret adalah MRT," kata Menko Airlangga saat memberikan keterangan pers di Stasiun MassRapidTransit (MRT) Istora Senayan Jakarta, Ahad (14/5/2023).

Baca Juga

Proyek MRT, lanjutnya, akan dilanjutkan dari pusat sampai ke utara dan dari timur ke barat. MRT yang mulai beroperasi pada 2019 itu tengah disiapkan untuk mampu melayani 24 juta penumpang.

Hasil konkret lain dari PSN selain MRT adalah Trans Jawa sepanjang 1.167 kilometer dan berbagai bendungan dengan kapasitas 2,7 miliar meter kubik. Beragamnya proyek PSN yang telah selesai, disebut Airlangga sebagai pembuktian bahwa pemerintah memberikan fasilitas untuk memercepat proyek infrastruktur baik melalui financing gap hingga pembebasan lahan.

"Best practice ini ada di beberapa titik dan capaian tersebut tentunya menjadi catatan kita dan ada beberapa proyek PSN Ayang sudah financial closing dan tentunya dilanjutkan dengan beberapa proyek (di 2024)," ucapnya.

Adapun rangkaian kegiatan Sewindu PSN yang diselenggarakan dari bulan Mei hingga Oktober 2023 ini terdiri atas rangkaian kegiatan. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran, menstimulasi minat, serta mengedukasi publik, terutama generasi muda Indonesia, mengenai peran penting PSN terhadap pembangunan ekonomi nasional dan kehidupan yang berkelanjutan, sebagai jalan perwujudan visi besar Indonesia Emas 2045.

Rangkaian Program Sewindu PSN berisi sejumlah kegiatan. Seperti acara olahraga jalan sehat, pameran, seminar, lomba karya tulis dan lomba foto/video untuk siswa/siswi SMA dan mahasiswa, kunjungan ke sekolah-sekolah dan kampus-kampus, kunjungan ke PSN di berbagai kota, serta kegiatan sosial dan lingkungan yang melibatkan masyarakat lokal termasuk anak-anak muda, dunia usaha, dan pemerintah. Pada puncak acaranya, pelaksana Sewindu SN akan menyelenggarakan rangkaian konferensi internasional dan forum bisnis dan investasi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement