Sabtu 13 May 2023 18:42 WIB

Tingkatkan Kesigapan Kerja, BPBD Kalsel Bekali Relawan dengan Pelatihan Dasar

Pelatihan dasar dilakukan dengan membekali pengetahuan terkait kebencanaan.

Bertempat di Aula BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (13/5/2023), Relawan Penanggulangan Bencana melakukan pelatihan Dasar Pertolongan Pertama Pada Gawat Darurat.
Foto: Dok. BPBD Kalimantan Selatan
Bertempat di Aula BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (13/5/2023), Relawan Penanggulangan Bencana melakukan pelatihan Dasar Pertolongan Pertama Pada Gawat Darurat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan berupaya meningkatkan kesigapan dalam bekerja. Hal itu dilaksanakan dengan giat membekali para pegawai maupun relawan untuk meningkatkan kapasitas profesionalisme.

Bertempat di Aula BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (13/5/2023), Relawan Penanggulangan Bencana melakukan pelatihan Dasar Pertolongan Pertama Pada Gawat Darurat. Latihan ini sebagai dasar para relawan untuk bertugas di lapangan. 

Baca Juga

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan mempersiapkan tenaga relawan penanggulangan bencana dengan bekal pengetahuan terkait kebencanaan. Menurut Mansyah, selaku Koordinator Relawan pada BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, kegiatan ini merupakan sebuah langkah awal bagi para relawan penanggulangan bencana untuk bekal ketika bertugas di lapangan.

Wakil koordinator relawan Baihaqi, menambahkan kegiatan ini  direncanakan  nantinya dilaksanakan setiap minggunya.  "Dan kalau memungkinkan kita laksanakan secara umum, baik dari organisasi di dalam lingkup BPBD maupun organisasi serta relawan di luar BPBD," katanya, dalam keterangan tertulis, Sabtu.

"Kegiatan ini sebenarnya sudah kita jalankan dari akhir tahun 2022. Namun dalam saat status darurat bencana kegiatan latihan rutin digantikan dengan kegiatan lainnya yang menyangkut dengan status darurat bencana tersebut," tambahnya. 

Pelatihan yang sudah terlaksana saat ini di antaranya dasar Vertikal Rescue dan dasar Water Rescue dan  yang berlangsung saat ini adalah Dasar PPGD. Pada pekan depan diagendakan untuk materi lanjutan dari Pertolongan Pertama Gawat Darurat.

"Kegiatan lanjutan sampai ke manajemen ambulance, sehingga para relawan penanggulangan bencana semakin profesional di lapangan," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement