Jumat 12 May 2023 11:57 WIB

Maju Jadi Calon DPD, Irman Gusman: Saya Ingin Memberi Sumbangsih untuk Bangsa

Irman Gusman memiliki pengalaman dan jaringan sebagai modal maju DPD RI.

 Mantan ketua DPD Irman Gusman kembali maju sebagai calon DPD RI dari daerah pemilihan Sumatera Barat. foto ilustasi.
Mantan ketua DPD Irman Gusman kembali maju sebagai calon DPD RI dari daerah pemilihan Sumatera Barat. foto ilustasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman, kembali maju menjadi calon DPD di Pemilu 2024. Irman ingin bisa memberi sumbangsih bagi bangsa dengan semua pengalaman dan pengetahuannya.

Irman maju sebagai calon anggota dari daerah pemilihan Sumatra Barat. Berkas pendaftaran calon sudah diserahkan ke KPU Sumatra Barat pada Kamis (11/5/2023).

“Saya ingin berbakti pada nusa dan bangsa. Memperjuangkan aspirasi masyarakat Sumatera Barat maupun masyarakat Indonesia pada umumnya,” kata Irman, dalam siaran pers, Jumat (12/5/2023).

Sebagai Senator dari dapil Sumatra Barat pada pada periode 2004-2009 dan 2009-2016, Irman mengaku, sudah berjuang keras membawa aspirasi. Irman merasa masih banyak kepentingan masyarakat yang bisa ia perjuangkan.

Pada masa mendatang, menurut Irman, tantangan bangsa semakin berat. Baik itu sosial, politik, hukum, ekonomi, maupun berbagai aspek lainnya.  “Saya ingin menyumbangkan pemikiran, gagasan, dan tenaga, serta semua sumber daya sosial yang dimiliki, serta sumber daya lainnya yang dapat digerakkan untuk membantu mengatasi berbagai persoalan bangsa,” ujar mantan senator ini.

Dalam perjalanan karier ataupun pengalaman hidup, Irman mengaku suka berkomunikasi dan bergaul dengan banyak kalangan, baik di dalam maupun di luar negeri. Mulai dari tokoh masyarakat, ekonom, politikus, hingga pengusaha. “Saya berharap bisa mengabdi pada bangsa dengan gagasan maupun jaringan yang saya miliki,” kata Irman.

Dalam pandangan Irman, DPD RI menjadi tempat stategis dalam berperan serta membangun bangsa. Sekalipun kewenangan DPD masih terbatas, tetapi DPD merupakan perwakilan yang langsung dipilih rakyat.

“Dengan legitimasi ini, kita bisa menyampaikan apa sebenarnya yang menjadi keinginan masyarakat di daerah yang kita wakili,” kata Irman. Sehingga, lanjut Irman, anggota DPD bisa menjadi jembatan penghubung antara kepentingan daerah dan pemerintah pusat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement