Kamis 11 May 2023 20:41 WIB

PDIP Usung Cucu Megawati, Putri Puan Maharani Jadi Caleg DPR 

Menurut Hasto pola rekrutmen kader dari keluarga juga terjadi di AS dan Eropa.

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta mendaftarkan calon legislatif (caleg) untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).
Foto: Eva Rianti/Republika
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta mendaftarkan calon legislatif (caleg) untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendaftarkan cucu Megawati Soekarnoputri yang bernama Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Pemilu 2024. Diah Pikatan atau akrab disapa Pinka Hapsari merupakan putri dari Puan Maharani. 

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Pinka Hapsari sudah mengikuti sejumlah tahapan kaderisasi partai sebelum diusung sebagai caleg. Pinka menginap selama tiga hari di Sekolah Partai PDIP di Jakarta Selatan untuk mendapatkan pendidikan partai bersama kader PDIP lainnya. 

Baca Juga

"Mbak Pinka memang telah mengikuti proses kaderisasi, tinggal di Sekolah Partai selama tiga hari. Mereka yang telah mengikuti itu, dicalonkan, termasuk ada Aryo Seno Bagaskara yang masih mahasiswa. Aryo satu angkatan pendidikan politik bersama dengan Mbak Pinka," kata Hasto usai menyerahkan daftar bakal caleg di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (11/5/2023). 

Hasto tak mengungkapkan Pinka maju dari daerah pemilihan (dapil) mana. Dia hanya mengatakan, bahwa Pinka dan Aryo merupakan bagian dari 48 persen caleg PDIP dari kalangan anak muda atau berusia di bawah 45 tahun. 

Hasto menjelaskan, PDIP memang merekrut kader maupun bakal caleg dari mana pun. Salah satunya dari keluarga kader PDIP sendiri.

"Itu kultur yang terbangun tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Amerika Serikat, di Singapura, di Eropa, (yakni) partai politik yang menjadi pilar demokrasi melakukan rekrutmen dari keluarga," ujarnya. 

Sebagai catatan, ibunya Pinka, Puan Maharani, merupakan Ketua DPP PDIP Bidang Politik. Sedangkan neneknya, Megawati Soekarnoputri, adalah Ketua Umum PDIP. Adapun Pinka tercatat menyelesaikan studi sarjana di Universitas Indonesia dan melanjutkan pendidikan di SOAS University of London.

PDIP diketahui mendaftarkan 580 bakal caleg DPR RI ke Kantor KPU RI, hari ini. Sebanyak 180 di antaranya perempuan. Bakal caleg PDIP berasal dari berbagai kalangan dan latar belakang. 

Sebanyak 17 orang merupakan purnawirawan TNI-Polri. Mayoritas adalah pensiun TNI dengan pangkat terakhir jenderal bintang dua dan bintang tiga. Selain dari kalangan pensiunan aparat, PDIP juga mengusung caleg dari kalangan akademisi sebanyak 73 orang. 

PDIP juga mengusung 14 seniman, budayawan, dan artis. Beberapa di antaranya merupakan nama baru yang dicalonkan oleh PDIP, yakni penyanyi Once Mekel, penyanyi Marcell Siahaan, komedian Deni Cagur, seniman Taufik Hidayat Udjo, Tamara Geraldine, penyanyi Sari Yok Koeswoyo, penyanyi Andre Hehanusa, dan Lucky Perdana. 

Sedangkan sosok petahana atau sedang menjabat sebagai anggota DPR Fraksi PDIP ada Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Krisdayanti, Harvey Malaihollo, dan Junico Siahaan. 

Hasto menegaskan, sebagian besar caleg yang diusung adalah kader PDIP yang telah dididik untuk dipersiapkan menjadi anggota dewan berkualitas. "(Mereka) telah berproses melalui pendidikan politik dan kaderisasi kepemimpinan secara berjenjang," ujarnya. 

 

photo
Tiga Parpol Berpeluang Menang di Pemilu 2024 - (infografis Republika)

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement