Kamis 11 May 2023 14:09 WIB

Ini Barisan Para Mantan Jenderal TNI di Daftar Caleg PDIP

PDIP mendaftarkan 17 caleg ke KPU, 13 di antaranya merupakan mantan jenderal TNI.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Letjen TNI Ganip Warsito saat menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.
Foto: BNPB
Letjen TNI Ganip Warsito saat menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusung 17 purnawirawan TNI-Polri sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR RI untuk Pemilu 2024. Mayoritas adalah penisiun TNI dengan pangkat terakhir jenderal bintang dua dan bintang tiga. 

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya mengusung dua purnawirawan TNI yang kini sedang menjabat sebagai anggota DPR RI Fraksi PDIP, yakni Mayor Jenderal TNI (Purn) TB Hasanuddin dan Mayor Jenderal (Purn) Sturman Panjaitan. 

Baca Juga

Lalu ada 11 purnawirawan TNI yang baru pertama kali dicalonkan oleh PDIP. Beberapa di antaranya adalah: 

- Letnan Jenderal TNI (Purn) Ganip Warsito. Ganip adalah mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

- Letnan Jenderal TNI (Purn) Joppye Onesimus Wayangkau. Dia terakhir menjabat sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat. Dia akan dicalonkan dari daerah pemilihan di Tanah Papua. 

- Laksamana Madya TNI (Purn) Agus Setiadji. Jenderal bintang tiga TNI Angkatan Laut ini pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan. 

- Mayor Jenderal TNI (Purn) Andi Gunawan Pakki. Dia pernah menjabat sebagai Komandan Detasemen Markas Besar TNI. 

- Mayor Jenderal TNI (Purn) Saud Tamba Tua, Marinir. Jenderal bintang dua dari Korps Marinir ini Dansatgas Konga 26A di Libanon. 

Hasto mengungkapkan, dari kalangan pensiunan Polri ada Inspektur Jenderal (Purn) Maruli Damanik sebagai nama baru dalam daftar caleg PDIP. Lalu ada anggota DPR RI petahana seperti Komisaris Jenderal (Purn) Muhamad Nurdin dan Inspektur Jenderal (Purn) Safaruddin. 

Hasto menjelaskan, langkah partainya mengusung pensiunan TNI-Polri sebagai bakal caleg DPR RI ini merupakan upaya memperkuat pertahanan dan keamanan Indonesia. "Jadi memang aspek pertahanan dan keamanan juga mendapatkan perhatian serius dari PDIP," kata Hasto usai mendaftarkan bakal caleg PDIP di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (11/5/2023). 

Sebanyak 17 purnawirawan TNI-Polri itu merupakan bagian dari 580 bakal caleg DPR RI yang didaftarkan PDIP. Selain dari kalangan pensiunan aparat, PDIP juga mengusung caleg dari kalangan akademisi sebanyak 73 orang. 

PDIP juga mengusung 14 seniman, budayawan, dan artis. Beberapa di antaranya merupakan nama baru yang dicalonkan oleh PDIP, yakni penyanyi Once Mekel, penyanyi Marcell Siahaan, komedian Deni Cagur, seniman Taufik Hidayat Udjo, Tamara Geraldine, penyanyi Sari Yok Koeswoyo, penyanyi Andre Hehanusa, dan Lucky Perdana. 

Sedangkan sosok petahana atau sedang menjabat sebagai anggota DPR Fraksi PDIP ada Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Krisdayanti, Harvey Malaihollo, dan Junico Siahaan. 

Hasto menegaskan, sebagian besar caleg yang diusung adalah kader PDIP dan telah dididik untuk dipersiapkan menjadi anggota dewan berkualitas. "(Mereka) telah berproses melalui pendidikan politik dan kaderisasi kepemimpinan secara berjenjang," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement