Selasa 09 May 2023 10:13 WIB

Kasus Viral Penculikan di Bandung Terungkap, Polisi: Korban Dibawa Paksa Eks Pacar

Polisi telah mengamankan pelaku berinisial R di wilayah Cipaera, Kota Bandung.

Rep: Fauzi Ridwan/ Red: Teguh Firmansyah
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono memberikan keterangan resmi terkait pelaku yang diduga menculik mantan kekasih di Bandung, Selasa (9/5/2023).
Foto: Dok Republika
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono memberikan keterangan resmi terkait pelaku yang diduga menculik mantan kekasih di Bandung, Selasa (9/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Polisi telah mengamankan seorang pria berinisial R di wilayah Cipaera (sebelumnya disebut Ciparay), Kosambi, Kota Bandung, Selasa (9/5/2023) dini hari. Ia duga telah menculik perempuan Kesya (19 tahun) sambil melakukan ancaman di Kompleks Kawaluyaan, Ahad (7/5/2023) lalu dan viral di media sosial.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan korban pertama kali ditemukan di wilayah Lapangan Saparua, Kota Bandung. Korban masih dapat berkomunikasi. Namun, mengalami kelelahan setelah dibawa paksa oleh mantan kekasihnya itu.

Baca Juga

"Masih bisa berbicara, memang agak lemas, mungkin karena sudah diajak satu dua hari ini oleh tersangka," ujarnya, Selasa (9/5/2023).

Ia menuturkan petugas masih mendalami terkait dugaan korban dicecoki oleh narkotika. Petugas masih melakukan pendalaman. "Sekarang kita masih dalami, korban dan tersangka masih kita periksa mendalam, termasuk apakah memang ada hubungan yang lain, atau penculikan murni masih kita dalami," katanya.

Kapolrestabes Bandung melanjutkan petugas menemukan sisa pemakaian narkotika saat mengamankan pelaku di Cipaera, Kosambi (sebelumnya disebut Ciparay). "Dari tersangka kita juga amankan bekas sisa-sisa pakai narkotika, nanti bisa kita kembangkan dari situ," ujarnya.

Ia mengatakan petugas mendapatkan informasi tentang dugaan penculikan terhadap seorang perempuan dan viral di media sosial. Petugas polsek dan resmob Polrestabes Bandung langsung melakukan pengejaran.

"Alhamdulillah tadi malam berhasil kita amankan tersangka inisial R di Cipaera dan korban kita temukan di (lapangan) Saparua," ujarnya.

Ia mengatakan petugas terlebih dahulu mengamankan korban di lapangan Saparua Bandung. Setelah itu penelusuran dilakukan hingga tersangka diamankan pukul Selasa (9/5/2023). "Korban dulu kita temukan di lapangan Saparua, dari korban kita telusuri tersangka kita amankan jam 2 dini hari," katanya.

Petugas saat ini sedang melakukan pendalaman di Polrestabes Bandung. Petugas menduga pelaku menculik karena terdapat ancaman kekerasan dengan senjata tajam. "Sekarang sedang diperiksa mendalam di Polrestabes," katanya.

Sebelumnya, rekaman CCTV yang memperlihatkan dua orang laki-laki menarik paksa seorang perempuan Kesya (19 tahun) sambil melakukan ancaman viral di media sosial. Peristiwa itu diketahui terjadi di sebuah pemukiman di Jalan Kawaluyaan, Kota Bandung, Ahad (7/5/2023) malam.

Dalam rekaman CCTV, di jalan depan sebuah rumah perempuan tersebut beberapa kali memohon kepada pelaku bahwa dirinya bukan orang yang dicari oleh mereka. Namun, para pelaku tetap memaksa menarik korban dan dibawa dengan sepeda motor berboncengan tiga orang.

Pelaku sempat mengancam korban dengan senjata tajam hingga korban sempat menangis dan berteriak. Pelaku diketahui merupakan mantan pacar dari korban.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement