Senin 08 May 2023 16:37 WIB

Diskusi Yayasan Rahim, Tokoh Gelorakan Demokrasi RI Seirama dengan Konstitusi

RI mengalami kerugian akibat Piala Dunia U-20 gagal diselenggarakan.

Warga Palestina menghadiri perayaan hari raya Idul Fitri di Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Jumat, (21/4/2023). Perayaan Idul Fitri di Masjid Al-Aqsa berlangsung dengan aman. Ribuan warga Palestina tumpah ruah memenuhi area kompleks Masjid Al-Aqsa.
Foto:

Mukti Ali Qusyairi menyampaikan bahwa Indonesia menganut demokrasi sebagai sistem bernegara dan berbangsa. Semua orang dari pejabat hingga rakyat bisa menyuarakan pendapatnya. Pro-kontra soal keterlibatan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 adalah salah satu contoh nyata berjalannya demokrasi di Indonesia. 

Sebagian elit politik, kata Mukti, menolak keterlibatan Timnas Israel yang mengakibatkan Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Tetapi 71% masyarakat versi LSI atau bahkan 83% versi Indikator menyuarakan pendapat yang mendukung timnas Israel bermain di Indonesia. 

"Itu adalah cerminan demokrasi. Dan menurut saya angka 71% atau bahkan 83% ini harus disurvei secara berkala perkembangannya. Meski demikian angka itu menunjukan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia soal pluralisme agama, khususnya Yahudi dan Israel, mengalami kemajuan," jelas Mukti. 

Tetapi, Mukti mengingatkan, bahwa demokrasi di Indonesia bukan demokrasi yang bebas dan tanpa batas, melainkan demokrasi yang selaras dengan konstitusi. "Karena itu, sangat penting bagi yang menginginkan perubahan untuk berjuang di ranah UU dengan melakukan revisi atau mengajukan Judicial Review. Tetapi untuk menuju ke sana, diperlukan banyak buku hasil kajian ilmiah, penelitian lapangan, survei dan advokasi. Sehingga memiliki landasan ilmiah dan kajian empirik," tuturnya. 

Ke depan, menurut Mukti, Rahim akan melakukan banyak penelitian, kajian dan diskusi tentang sejarah dan faktor-faktor terjadinya antisemitik dan islamophopia. 

Relasi Indonesia - Israel

Lihat halaman berikutnya >>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement