Jumat 05 May 2023 14:29 WIB

Kunjungi Lampung, Jokowi Ajak Erick Thohir Hingga Zulhas

Jokowi mengajak ketiga jajaran menteri saat meninjau harga dan pasokan komoditas

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung pada Jumat (5/5/2023). Dalam kunjungannya ini, Jokowi turut mengajak Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.
Foto: Tangkapan Layar/BPMI Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung pada Jumat (5/5/2023). Dalam kunjungannya ini, Jokowi turut mengajak Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung pada Jumat (5/5/2023). Dalam kunjungannya ini, Jokowi turut mengajak Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Selain itu tampak hadir pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Baik Jokowi, Zulhas, dan Basuki tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang. Sedangkan Erick Thohir mengenakan kemeja berlengan pendek berwarna biru.

Dalam agendanya, Jokowi mengajak ketiga jajaran menterinya itu untuk mendampinginya saat meninjau harga dan pasokan komoditas pangan di Pasar Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Baca juga : Warga Lampung Harapkan Perbaikan Jalan Menyeluruh Bukan Hanya yang Viral

Menurut Jokowi, harga sejumlah komoditas pangan yang ada di Pasar Natar masih cukup terkendali. Mulai dari harga telur, cabai, bawang merah, hingga bawang putih.

"Pertama tadi saya cek telur, harganya sangat bagus, bagus sekali, 27, 26 ribu (rupiah). Cabai sangat murah, bukan murah, sangat murah, terlalu murah sekali harga cabai itu. Bawang merah juga harganya baik, bawang putih juga baik, Rp 30 ribu," ungkap dia.

Jokowi pun berharap pasokan komoditas pangan di Pasar Natar dapat terus tercukupi. Sehingga akan menjadikan harga komoditas pangan stabil dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Jokowi juga menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur jalan yang akan mendukung arus mobilitas barang dan orang. Ia menyebut arus mobilitas yang lancar akan membantu menurunkan biaya logistik dan harga barang di pasar.

"Itu akan berpengaruh pada harga-harga yang ada di pasar-pasar ini," kata Jokowi.

Baca juga : Ahli Yakin Jalan di Lampung yang Diperbaiki Konstruksinya Sementara demi Fasilitasi Jokowi

Selain meninjau harga bahan pangan, dalam kunjungannya ini Jokowi memang ingin mengecek kondisi jalan rusak yang dikeluhkan masyarakat dan sempat viral belakangan ini.

Jokowi menegaskan, infrastruktur jalan yang baik sangat penting untuk mendukung mobilitas baik barang maupun masyarakat. Sehingga bisa menekan biaya logistik yang juga akan berpengaruh pada pengendalian inflasi.

"Ini melihat kita melihat inflasi melihat harga-harga tetapi juga ingin melihat infrastruktur utamanya jalan. Karena ini menjadi kunci. Biaya logistik itu sangat tergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki, ya," ujar Jokowi.

Tampak hadir pula mendampingi Jokowi yakni Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement