Kamis 04 May 2023 23:07 WIB

Satgas: Kasus Positif Covid-19 di Tangerang Meningkat Setelah Lebaran

Sebelum Lebaran, kasus Covid-19 di Tangerang ada 100 kasus, kini ada 191.

Kasus Covid-19 meningkat (ilustrasi). Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Banten, melaporkan kasus aktif positif Covid-19 meningkat setelah Lebaran.
Foto: republika
Kasus Covid-19 meningkat (ilustrasi). Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Banten, melaporkan kasus aktif positif Covid-19 meningkat setelah Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Banten, melaporkan kasus aktif positif Covid-19 meningkat. Di wilayah itu, kasus Covid-19 naik sejak satu pekan terakhir seusai libur Lebaran 2023.

"Sebelum Lebaran total kasus itu ada 100 kasus, sekarang bertambah menjadi 191 kasus aktif," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi, di Tangerang, Kamis (4/5/2023).

Baca Juga

Meningkatnya kasus Covid-19 tersebut, kata dia, akibat terjadinya penurunan kesadaran dari masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan sejak beberapa bulan terakhir ini. "Karena sekarang protokol kesehatan sudah terabaikan, jadi kemungkinan besar itu mempengaruhi peningkatan kasus Covid-19 saat ini," ujarnya.

Dia menyebutkan, dari mereka atau pasien yang terjangkit positif virus corona itu mayoritas adalah kalangan pekerja, yang kemudian menyebar terhadap keluarganya. "Dari laporan itu banyak yang positif dari pekerja, kemudian ditindaklanjuti petugas Puskesmas menyebar ke keluarganya," kata dia.

Adapun dari sekitar 191 kasus pasien yang terpapar Covid-19 tersebut saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengobatan berjalan. "Kebanyakan pasien itu jalani isolasi mandiri, karena sekarang tidak ada tempat isolasi terpadu," ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, penambahan kasus aktif positif Covid-19 tersebut tersebar di 10 kecamatan.

Kecamatan Kelapa Dua penyumbang terbanyak dengan jumlah 25 kasus, disusul dari Kecamatan Pagedangan sebanyak15 kasus, Kecamatan Cisauk 12 kasus, Pasar Kemis 10 kasus, Panongan sembilan kasus, Curug tujuh kasus, Legok tujuh kasus, Cikupa enam kasus, Kosambi enam kasus dan Balaraja lima kasus baru.

Kendati demikian, dengan adanya peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi di wilayahnya itu, kini pemerintah setempat terus berupaya melakukan pencegahan melalui 3T (testing, tracing dan treatment) atau tes, telusur dan tindak lanjut perawatan. Selain itu, pihaknya juga kembali meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan serta menggenjot kegiatan vaksinasi Covid-19.

"Untuk itu kami akan terus kembali mengingatkan masyarakat dalam menerapkan prokes dan menggencarkan vaksinasi," kata dia.

Untuk jumlah total kasus Covid-19 di Kabupaten Tangerang yang terhitung dari awal pandemi hingga saat ini tercatat sebanyak 71.130 orang, yang di mana sebanyak 70.457 orang dinyatakan sembuh. Sedangkan jumlah orang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 total ada 427 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement