Rabu 03 May 2023 15:27 WIB

Eks Pengawal Jokowi Promosi Jadi Danrem Suryakencana

Kolonel Anan Nurakhman menjadi angkatan Akmil 1998 pertama yang meraih bintang satu.

Rep: Erik PP/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kolonel Anan Nurakhman dipromosikan menjadi Danrem 061/Suryakencana.
Foto: Dok Korem Warasstratama
Kolonel Anan Nurakhman dipromosikan menjadi Danrem 061/Suryakencana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mempromosikan Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama di Surakarta, Kolonel Anan Nurakhman menjadi Danrem 061/Suryakencana, Bogor. Anan yang pernah menjadi pengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku Komandan Grup A Paspampres akan menyandang pangkat bintang satu atau brigadir jenderal (brigjen) di jabatan barunya.

Anan merupakan angkatan Akademi Militer (Akmil) 1998. Dengan begitu, ia menjadi orang pertama di angkatannya yang meraih jabatan untuk perwira tinggi (pati).

Anan akan menggantikan Brigjen Rudy Saladin yang digeser menjadi Staf Khusus KSAD. Adapun Rudy merupakan mantan ajudan Presiden Jokowi.

Secara keseluruhan, Laksamana Yudo Margono memutasi dan memberikan promosi jabatan kepada 172 pati TNI. Di antaranya, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, Panglima Daerah Militer XVII/Cenderawasih, dan Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI.

Mutasi dan promosi ratusan perwira itu tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/426/IV/2023 yang diteken oleh Laksamana Yudo pada 27 April 2023 sebagaimana dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) TNI Julius Widjojono saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

"Penetapan sesuai tanggal (ditekennya) surat keputusan," kata Laksda Julius di Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Dalam surat keputusan itu, dua jenderal bintang tiga yaitu Letjen TNI I Nyoman Cantiasa dimutasi dari Pangkogabwilhan III menjadi Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD. Sementara Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono yang sebelumnya Koorsahli KSAD memasuki masa pensiun. Posisi Pangkogabwilhan III pun diisi oleh Mayjen TNI Agus Suhardi, yang mendapatkan promosi dari jabatan sebelumnya sebagai Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI.

Di jajaran jenderal bintang dua lainnya, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dimutasi dari Pangdam XVII/Cenderawasih menjadi Perwira Staf Ahli Tingkat III Kasad Bidang Sosial, Budaya, Hukum, HAM, dan Narkoba. Posisi Pangdam XVII/Cenderawasih saat ini diisi oleh Mayjen TNI Izak Pangemanan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf (Kas) Kogabwilhan III.

Di jajaran perwira TNI Angkatan Laut, Laksda TNI Edwin juga kena rotasi dari Danpuspom TNI menjadi Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil).

Oleh karena itu, Laksda TNI Yayan Sofiyan, yang sebelumnya menjabat Pangkolinlamil, saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal).

Posisi Danpuspom TNI pun diisi oleh Marsekal Muda (Marsda) TNI R. Agung Handoko yang sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Jenderal TNI AU (Irjenau).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement