Senin 01 May 2023 22:04 WIB

Akademisi Ungkap Hanya Sembilan Persen Dosen yang Digaji Lebih dari Rp 5 Juta di Indonesia

Untuk itu, diharapkan terbentuknya serikat dosen.

Ilustrasi dosen sedang mengajar. Hanya ada sembilan persen dosen di Indonesia yang menerima gaji lebih dari lima juta rupiah per bulannya.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi dosen sedang mengajar. Hanya ada sembilan persen dosen di Indonesia yang menerima gaji lebih dari lima juta rupiah per bulannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti di Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Milda Istiqomah, Ph.D. mengungkapkan, hanya ada sembilan persen dosen di Indonesia yang menerima gaji lebih dari lima juta rupiah per bulannya. "Realitanya dosen memiliki kedudukan yang lemah. Data menyebutkan hanya sembilan persen dosen yang gajinya diatas lims juta rupiah," kata Milda dalam diskusi mengenai solidaritas akademisi yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (1/5/2023). 

Milda menyebutkan, terdapat 91 persen dosen digaji di bawah angka lima juta rupiah yang artinya terdapat dosen yang tidak digaji dengan layak, tidak sesuai dengan beban kerja, dan tidak sebanding dengan apa yang diterima. Milda mengatakan, hal tersebut memicu adanya ketimpangan dan berisiko menyebabkan konflik yang bisa menguat dan memiliki pengaruh yang signifikan.

Baca Juga

"Serikat pekerja secara umumnya ada karena perusahaan bersifat sepihak dan eksploitatif. Makanya ada serikat pekerja di hampir setiap perusahaan karena adanya ketimpangan tersebut," katanya. 

Dosen di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Malang ini mengatakan, perbincangan dan penelitian soal perlindungan hukum kepada dosen secara umum telah dilakukan sejak tahun 2015. Hasilnya adalah dengan Undang-Undang (UU) No. 21 Tahun 2000 yang mengatur tentang Serikat Buruh/Pekerja juga bisa menjadi landasan hukum berdirinya serikat dosen.

Milda berharap dengan adanya serikat dosen dapat menghapuskan ketimpangan pada dosen serta menjadi wadah dalam menyalurkan aspirasi, keluhan, dan tuntutan.

"Selama ini dosen menyampaikan keluhan melalui apa? Kita hanya bisa buat formulir menandatangani petisi, adakah hasilnya?," kata Milda yang memperoleh gelar S3 di University of New South Wales, Australia itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement