Sabtu 29 Apr 2023 15:25 WIB

Keluar dari PAN, Hanum Salsabiela Rais Jadi Caleg Partai Ummat

Hanum, anggota Fraksi PAN DPRD DIY periode 2019-2024 bergabung ke Partai Ummat.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Erik Purnama Putra
Eks politikus PAN Hanum Salsabiela Rais bergabung dengan Partai Ummat untuk menjadi caleg 2024.
Foto: Republika.co.id/Silvy Dian Setiawan
Eks politikus PAN Hanum Salsabiela Rais bergabung dengan Partai Ummat untuk menjadi caleg 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Partai Ummat mengusung sejumlah nama sebagai bakal calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2024, salah satunya Hanum Salsabiela Rais. Hanum yang sebelumnya tercatat sebagai politikus Partai Amanat Nasional (PAN), merupakan anggota DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2019-2024.

Pengumuman itu disampaikan Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Amien Rais dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Partai Ummat DIY di Kabupaten Sleman, Sabtu (29/4/2023). Hanum mengatakan, ia sudah memberikan surat pengunduran diri dari PAN pada Ramadhan lalu.

"(Pengunduran diri) itu saya sudah informasi Pak Ketum PAN, sudah paham saya sudah mengundurkan diri juga," kata Hanum saat ditemui di Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY, Sabtu.

Hanum menyebut, untuk menjadi caleg Partai Ummat, saat ini prosesnya sedang berjalan. Meski begitu, ia tidak menjelaskan, apakah mencalonkan diri tetap sebaga caleg DPRD DIY atau maju DPR pusat. "Saya enggak tau, kan yang penting prosesnya sudah berjalan ya," ujar penulis berbagai buku tersebut.

Hanum mengaku, sudah memantapkan diri untuk maju sebagai caleg pada Pemilu 2024. Dia menyebut, keputusan keluar dari PAN lantaran adanya perang batin yang dirasakan, terutama setelah Amien Rais mendirikan Partai Ummat.

"Ini bagian dari birrul walidain saya kepada Pak Amien Rais ayah saya, yang saya tahu perjuangannya seperti apa, dan ya seluruh keluarga juga mendukung. Jadi bismillah," jelas Hanum.

"Jadi memang cukup berat ya, selama ini ada perang batin. Saya melihat bahwa tidak usah mengungkit masa lalu, tapi mungkin nilai-nilai yang saya harapkan sudah tidak saya temukan lagi. Nilai-nilai yang selama ini Pak Amien Rais, ayahanda saya itu ajarkan itu sudah, itu tadi saya katakan lingkungannya sudah tidak mendukung," ucap Hanum menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement