Sabtu 22 Apr 2023 08:45 WIB

Siapa Bakal Jadi Cawapres Ganjar, Ini Jawaban Jokowi

Jokowi menyebut sejumlah nama yang berpotensi dampingi Ganjar Pranowo.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan usai menunaikan Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari  yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan usai menunaikan Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut sejumlah nama yang berpeluang menjadi calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo. Salah satunya adalah Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Hal tersebut disampaikan Jokowi usai melangsungkan shalat idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). "Calonnya sudah semakin jelas siapa capresnya tinggal menunggu cawapresnya," katanya. 

Baca Juga

Disinggung soal kriteria khusus dan calon cawapres yang cocok untuk Ganjar, Jokowi menyebutkan ada banyak. Ia pun menyebutkan sejumlah nama.

"(Kriteria khusus?) Kok tanya saya. (Yang cocok?) Banyak, ada Pak Erick, ada Pak Sandiaga Uno, kan banyak kan, ada Pak Mahfud, ada Pak Ridwan Kamil, ada Cak Imin, ada Pak Airlangga," katanya. 

Selain itu, disinggung apakah ada pesan khusus yang disampaikan dirinya untuk Ganjar, Jokowi mengatakan bahwa hal tersebut sudah disampaikan oleh Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri. 

"Ya kemarin kan sudah. Kan sudah lihat semuanya pelaksanaan keputusan yang dilakukan yang diputuskan oleh ketua umum PDIP, Ibu Hajah Megawati Soekarnoputri putri," katanya. 

Kendati demikian, dengan deklarasi Ganjar sebagai capres semakin memperjelas langkah PDIP. Soal cawapres, Jokowi meminta untuk orang-orang bersabar terlebih dahulu. 

"Ya satu persatu, calonnya sudah semakin jelas, siapa capresnya sehingga nanti tinggal menunggu cawapresnya, ditunggu, sabar," ujarnya mengakhiri.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement