Jumat 21 Apr 2023 15:12 WIB

Tinggalkan Istana Batu Tulis, Jokowi dan Ganjar Semobil

Puan Maharani satu mobil dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Lida Puspaningtyas
Capres PDIP Ganjar Pranowo pulang satu mobil dengan Presiden Jokowi seusai deklarasi Capres PDIP oleh Ketum PDIP Megawati di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).
Foto: Agus Suparto
Capres PDIP Ganjar Pranowo pulang satu mobil dengan Presiden Jokowi seusai deklarasi Capres PDIP oleh Ketum PDIP Megawati di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI. Atas keputusan itu, PDIP tetap punya peluang besar untuk menjadi magnet pembentukan koalisi di Pilpres 2024.

Berdasarkan pantauan Republika di lokasi pertemuan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (21/4/2023), elit PDIP mulai berdatangan sejak Jumat pagi. Mereka mengikuti kegiatan internal PDIP yang disiarkan lewat Youtube pada Jumat siang.

Baca Juga

Lalu sekitar pukul 14.40 WIB, rombongan elit PDIP meninggalkan Istana Batu Tulis. Terpantau, Presiden Joko Widodo bersebelahan dengan Ganjar Pranowo dalam satu mobil sedan. Jokowi dan Ganjar sempat melempar senyum kepada masyarakat yang menunggunya sejak siang. Di mobil yang sama, Pramono Anung duduk di kursi depan.

Menyusul di belakang, Puan Maharani satu mobil dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Keduanya sempat membuka kaca mobil dan memberi salam kepada masyarakat dan wartawan yang menunggu di luar.

Sebelumnya, Megawati mengaku, keputusannya tersebut diambil melalui sebuah kontemplasi dengan proses panjang. Keputusan itu diambil setelah selama ini memikirkan, melihat, dan mencermati apa yang telah menjadi harapan rakyat serta memohon petunjuk pada Allah SWT.

"Maka pada Hari Kartini ini tanggal 21 april 2023 dan sekaligus sebagai tonggak perjuangan kaum perempuan Indoensia yang non diskriminatif, setara, dan dijamin oleh konstitusi negara maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismilah, menetapkan saudar Ganjar Pranowo, gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," ujar Megawati saat mengumumkan nama capres secara daring, Jumat (21/4/2023).

Selanjutnya, Megawati juga menugaskan Prananda Prabowo selaku kepala situation room dengan memberikan mandat untuk melakukan monitoring terhadap dinamika politik nasional bagaimana konsolidasi partai dijalankan dan pemenangan untuk Pemilu 2024. 

Demikian halnya Puan Maharani, ketua DPP Bidang Politik dan juga sekaligus ketua DPR RI memberikan mandat penugasan untuk membentuk tim yang dibutuhkan guna memenangkan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif tahun 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement