Jumat 21 Apr 2023 15:05 WIB

Jokowi: Ganjar Pranowo Pemimpin yang Dekat dengan Rakyat

Suksesi kepemimpinan nasional secara demokratis merupakan keharusan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Lida Puspaningtyas
Tangkapan layar Ketua Umum PDIP Megawati memberikan peci hitam kepada Ganjar Pranowo sebagai simbol deklarasi Capres PDIP di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/4/2023).
Foto: Dok Republika
Tangkapan layar Ketua Umum PDIP Megawati memberikan peci hitam kepada Ganjar Pranowo sebagai simbol deklarasi Capres PDIP di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri yang telah mengumumkan bakal calon presiden yang diajukan PDIP, yakni Ganjar Pranowo.

Menurut Jokowi, Ganjar merupakan pemimpin yang dekat dengan rakyat dan selalu turun ke bawah. Selain itu, Ganjar juga dinilai merupakan sosok yang sangat ideologis.

"Pak Ganjar ini adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat selalu turun ke bawah dan sangat ideologis," kata Jokowi di Istana Batutulis, Bogor, Jumat (21/4/2023).

Jokowi pun menegaskan, suksesi kepemimpinan nasional secara demokratis merupakan keharusan yang sesuai perintah UUD. Namun ia mengingatkan bahwa pemimpin tidak boleh membelokkan keberlanjutan perjuangan bangsa Indonesia yang harus terus dilanjutkan dari waktu ke waktu.

Jokowi menyebut, pemimpin yang baru harus terus melanjutkan visi bangsa dan program unggulan yang telah dicanangkan ideologi negara, Pancasila, persatuan dan kesatuan nasional.

"Serta toleransi dan kebersamaan harus menjadi pondasi sosial bangsa Indonesia. Kesejahteraan rakyat  yang adil dan merata, pembangunan yang Indonesia sentris harus menjadi semangat program pembangunan nasional," ujarnya.

Selain itu, ia mengingatkan bahwa kemandirian nasional, berdikari, dan kepemimpinan Indonesia di masyarakat global juga harus tercermin dalam sikap pemimpin untuk memperjuangkan kepentingan nasional.

Jokowi menyampaikan, semangat pilpres 2024 merupakan semangat kontestasi program dan semangat ide-ide besar untuk bangsa dan negara. Ia meyakini rakyat Indonesia semakin dewasa dalam menentukan pilihannya.

"Semoga pilpres 2024 berjalan dengan damai dan demokratis, terpilih pemimpin yang meneruskan upaya Indonesia menjadi negara maju, adil dan makmur," ujar Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement