Selasa 18 Apr 2023 16:52 WIB

Erick Thohir Pastikan Tegas terhadap Pelaku Korupsi

Erick Thohir pastikan kereta cepat jadi primadona transporasi massal di Asia Tenggara

Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) menyapa pemudik saat pelepasan program Mudik Bersama BUMN 2023 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (18/4/2023). Sebanyak 78.017 pemudik mengikuti program Mudik Bersama BUMN 2023 yang bertajuk Mudik Dinanti Mudik di Hati yang merupakan salah satu implementasi bakti BUMN sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) menyapa pemudik saat pelepasan program Mudik Bersama BUMN 2023 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (18/4/2023). Sebanyak 78.017 pemudik mengikuti program Mudik Bersama BUMN 2023 yang bertajuk Mudik Dinanti Mudik di Hati yang merupakan salah satu implementasi bakti BUMN sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir memastikan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta- Bandung beserta sarananya berjalan hingga tuntas. Pihaknya juga menjamin pembangunan dan pengadaan transportasi massal ini bebas dari korupsi.

Erick menegaskan tidak akan pandang bulu jika terjadi penyelewengan di proyek Kereta Api Jakarta-Bandung (KCJB). Menurut Erick, kelebihan biaya yang kini dialami proyek tersebut disebabkan kenaikan biaya pembangunan yang memang meningkat dan situasi pandemi Covid-19 yang berdampak pada kemampuan keuangan konsorsium.

Baca Juga

"Lagi dihitung ulang apa penyebab kenaikan biaya pembangunan. Jika memang karena biaya per kilometernya naik, tidak mengapa karena situasi sekarang seperti harga besi dan sebagainya juga naik. Namun, jika kelebihan biaya itu karena mark up, jangan main-main, akan saya sikat karena kita fokus untuk menuntaskan agar cepat selesai," ujarnya saat meninjau situasi mudik 2023 di Stasiun Senen, Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Erick menambahkan, seiring pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat, dengan naik atau menggunakan moda transportasi kereta semua akan jadi feasible dan lebih efisien dibandingkan menggunakan mobil pribadi. Oleh sebab itu, karena proyek KCJB merupakan salah satu proyek strategis nasional yang diproyeksikan akan memberikan dampak positif tidak hanya di sektor transportasi, tetapi juga perekonomian, maka dirinya memastikan harus tuntas.

"Bagaimanapun, KCJB menjadikan Indonesia negara yang memiliki layanan kereta api cepat pertama di Asia Tenggara. Ini alternatif moda transportasi massal bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan cepat, nyaman, dan aman. Proyek ini memberikan dampak sosial ekonomi dan lingkungan, seperti penciptaan lapangan pekerjaan, baik saat pembangunan proyek dan setelah pengoperasian, mengurangi kemacetan, mengurangi emisi dan penggunaan BBM," katanya menegaskan.

Dukung Erick Thohir Babat Korupsi di BUMN 

 

Menteri BUMN Erick Thohir terus mendapat dorongan kuat maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Sosoknya dinilai banyak masyarakat sebagai figur transparan sehingga layak memimpin Indonesia di masa depan. 

Sejumlah kebijakan Erick Thohir dinilai sangat terasa serta langsung menciptakan dampak positif besar. Misalnya saja, program mudik gratis yang dihadirkan BUMN untuk puluhan ribu masyarakat di Indonesia.

Salah satunya, yakni Amri Pasega seorang pemudik asal Klaten, Jawa Tengah. Dia menyampaikan Erick menjadi sosok pemimpin transparan dengan pemilik hasil kerja nyata sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Pemimpin transparan, BUMN aja dibabat habis para koruptornya, diberantas semua," ujar Amri. 

Hal tersebut bagi dia menjadi keunggulan Erick Thohir. Juga menjadi daya tarik sehingga elektabilitasnya menjadi meningkat. Menurut dia Erick Thohir merupakan figur yang memiliki kompetensi mumpuni untuk dapat maju bahkan menjadi wakil presiden Indonesia selanjutnya. Dia melihat kepemimpinan Erick Thohir sudah teruji selama tiga tahun menakhodai BUMN. 

"Pokoknya sih seratus persen buat Pak Erick Thohir menjadi pemimpin Indonesia. Saya sebagai mendukung penuh," ujar Amri.

Tercatat di kepemimpinan Erick Thohir laba pendapatan BUMN alami kenaikan. Mulai dari Rp13 triliun di 2020 menjadi Rp124,7 triliun pada 2021 dan kembali meningkat hingga Rp 303,7 triliun pada 2022.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement