Jumat 14 Apr 2023 15:55 WIB

Kesaksian Sopir yang Selamat dari Kecelakaan Beruntun di Tol Semarang-Solo

Eko mengaku kecelakaan menjadi salah satu risiko dari pekerjaannya.

Rep: C02/ Red: Agus raharjo
Warga melihat kondisi truk yang mengalami kecelakaan di Jalan Tol Semarang-Solo KM 487, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/4/2023). Berdasarkan data sementara Polda Jawa Tengah, kecelakaan yang melibatkan delapan kendaraan tersebut mengakibatkan enam orang meninggal dunia.
Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Warga melihat kondisi truk yang mengalami kecelakaan di Jalan Tol Semarang-Solo KM 487, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/4/2023). Berdasarkan data sementara Polda Jawa Tengah, kecelakaan yang melibatkan delapan kendaraan tersebut mengakibatkan enam orang meninggal dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI–-Eka Supriyanto (42 tahun) salah seorang sopir ekspedisi asal Klaten yang selamat usai tragedi kecelakaan di tol Semarang-Solo KM 487+600, Boyolali, pada Jumat (14/4/2023) dini hari, sekitar pukul 04.00 WIB mengaku sangat lelah dan ingin beristirahat di rest area. Namun lantaran penuh dirinya terpaksa tidur di bahu jalan.

"Di rest area penuh ceritanya, sama satpam disuruh jalan, (kendaraan besar semua?) ya campur, (berapa kendaran?) Ga tau, saya nggak menghitung. saya cuma jalan pelan-pelan, saya gak kuat bener, makanya tidur sini saja," kata Eka, (Jumat 14/4/2023).

Baca Juga

"Saya istirahat di dalam mobil, saya di samping tidur, udah masuk di rest area tapi karena penuh saya ga berhenti, karena di sini lihat ada yang berhenti ikut berhenti di sini. Tapi begitu lihat situasinya sudah kacau," katanya.

Eka menceritakan bahwa dirinya berangkat dari Jakarta berencana mengantar ekspedisi tersebut ke Surabaya. Menurutnya kecelakaan adalah salah satu risiko pekerjaan.

 

"Ya beginilah risiko sopir, tapi masih beruntung selamat. Tapi saya sering kecelakaan tapi ga gede gini, kalau sopir ekspedisi itu dituntut lari dituntut pekerjaan," katanya.

Eka mengaku dirinya berdua bersama kernetnya. Namun, lantaran terluka kenek tersebut masih dirawat di rumah sakit. "Iya kernet saya terpental, di puskesmas, ada luka-luka. Kaca depan itu juga saya pecah buat saya keluar," katanya.

Sebelumnya, pihak kepolisian mengungkapkan dugaan sementara penyebab kecelakaan beruntun tersebut ada beberapa. Kecelakaan itu sendiri hingga kini memakan delapan jiwa.

"Dugaan sementara pengemudi truk pengangkut besi diduga pertama mengantuk, dugaan kedua rem blong, ketiga adanya kelebihan muatan sehingga terjadi pengereman tidak maksimal," kata Kasatlantas Polres Boyolali, AKP M Herdi Pratama, di Boyolali, Jumat, (14/4/ 2023).

(Co2 Muhammad Noor Alfian Choir)

Sosok Eka salah seorang supir ekspedisi yang selamat usai alami kecelakaan beruntun di tol Semarang-Solo KM 487+600, Boyolali, pada Jumat (14/4).

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement