Jumat 14 Apr 2023 13:31 WIB

Dishub DKI: Penutupan Putar Balik Efektif Kurangi Macet

Dishub DKI sebut penutupan 32 lokasi putar balik sangat efektif mengurangi macet.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas membantu kendaraan untuk berputar balik di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta. Dishub DKI sebut penutupan 32 lokasi putar balik sangat efektif mengurangi macet.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas membantu kendaraan untuk berputar balik di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta. Dishub DKI sebut penutupan 32 lokasi putar balik sangat efektif mengurangi macet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan mengklaim penutupan u-turn atau putaran balik yang diterapkan di berbagai titik efektif untuk menekan kemacetan. Hal itu berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan mengenai kerja jaringan ruas jalan di titik-titik pemberlakuan u-turn.

"Evaluasi menunjukkan dari penutupan u-turn terjadi peningkatan kerja jaringan ruas jalan. Iya, efektif," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan di Jakarta Selatan, Jumat (14/4/2023).

Baca Juga

Syafrin menjelaskan, penutupan u-turn hingga saat ini dilakukan di sebanyak 32 titik yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara. Tujuannya untuk dapat mengatasi kepadatan lalu lintas di ruas-ruas jalan tersebut.

"Jadi masyarakat harus memahami ini, yang biasanya bisa berputar di satu titik, sekarang dialihkan, karena di situ menjadi simpul kemacetan. Sehingga kinerja ruas jalan secara jaringan itu turun, oleh sebab itu putaran inilah yang ditutup karena kami identifikasi itulah yang menyebabkan banyak antrian di ruas jalan," jelas dia.

Dari evaluasi yang dinilai efektif tersebut, Syafrin mengatakan, pihaknya belum akan menambah jumlah penutupan u-turn. Namun, pihaknya saat ini tengah menyiapkan penerapan penutupan simpang.

"Kami identifikasi ada 92 simpang dan ruas jalan yang nanti akan kami rekayasa, contohnya simpang yang selama ini diatur dengan TL, kemudian dilarang belok kiri, nanti dalam waktu dekat akan kami lakukan pengaturan boleh belok kiri," tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement