Senin 10 Apr 2023 23:25 WIB

Puluhan Titik Putaran Balik di Jalur Mudik Karawang Ditutup

Penutupan putaran balik itu untuk mengurangi potensi tersendatnya arus lalu lintas.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Petugas menutup titik putaran balik (u-turn) di ruas jalan wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat.
Foto: dok. Dishub Karawang
(ILUSTRASI) Petugas menutup titik putaran balik (u-turn) di ruas jalan wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG — Polisi mulai menutup u-turn atau titik putaran balik di jalur mudik wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Rencananya ada puluhan titik putaran balik yang ditutup, baik di jalan arteri maupun jalur pantai utara (pantura).

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karawang AKP La Ode Habibi Ade Jama mengatakan, penutupan u-turn mulai dilakukan Senin (10/4/2023) sampai 2 Mei 2023. “Ada 78 u-turn di jalan wilayah Karawang yang ditutup selama musim mudik Lebaran tahun ini,” kata dia, Senin (10/4/2023).

Menurut La Ode, titik putaran balik yang ditutup ini berada di ruas jalan arteri Karawang-Cikampek dan jalur pantura, yakni di ruas Jalan l Tanjungpura perbatasan Karawang-Bekasi hingga jalur pantura Gamon perbatasan Karawang-Subang.

La Ode mengatakan, penutupan putaran balik tersebut untuk mendukung kelancaran arus mudik. Pasalnya, kata dia, sejumlah titik putaran balik itu rawan kemacetan atau tersendatnya arus lalu lintas kendaraan. “Kami mohon maaf sebelumnya, harap maklum, ini demi kelancaran mudik,” kata dia.

Menurut La Ode, nantinya ada petugas yang mengawasi titik putaran balik yang ditutup itu. Pengawasan dilakukan untuk mengantisipasi adanya pengguna kendaraan yang memaksa membuka titik putaran balik yang sudah ditutup.

La Ode mengatakan, tidak semua titik putaran balik kendaraan di jalur mudik wilayah Karawang ditutup.

Menurut dia, ada delapan titik putaran balik yang bakal tetap dibuka saat arus mudik, di antaranya di Bundaran Kepuh, Bundaran Charles, Masari, Pancawati/Kanzen, dan Depo Pertamina.

Selain itu, putaran balik SPBU Cassandra, Gamon, dan putaran balik di SPBU Jatisari.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement