Rabu 12 Apr 2023 15:07 WIB

Anggota Kongres AS akan Berkunjung ke IKN

Lima orang anggota Kongres Amerika Serikat dari Partai Demokrat akan mengunjungi IKN

Lima orang anggota Kongres Amerika Serikat dari Partai Demokrat akan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (13/4/2023).
Foto: AP Photo/Lee Jin-man, Pool
Lima orang anggota Kongres Amerika Serikat dari Partai Demokrat akan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (13/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lima orang anggota Kongres Amerika Serikat dari Partai Demokrat akan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (13/4/2023).

Anggota kongres Amerika Serikat tersebut adalah Senator Jeff Merkley, Senator Chris Van Hollen, Representative Lloyd Doggett, Representative Praila Jayapal, dan Representative Ilhan Omar.

"Hari ini mereka akan pergi ke Kalimantan dan besok akan mengunjungi (Ibu Kota) Nusantara," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Sebelumnya kelima anggota Kongres AS bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, sedangkan anggota Kongres AS didampingi Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Yong Kim dan Mission Director of USAID Jeffery Cohen.

Menurut Menlu Retno, dalam pertemuan tersebut dibahas upaya peningkatan kerja sama dengan Indonesia dalam konteks kemitraan strategis.

"Karena mereka melihat bahwa Indonesia adalah mitra yang sangat penting di kawasan dan mereka mengatakan bahwa 'Indonesia is shining now'," tambah Menlu.

Selain itu, para delegasi mengapresiasi kesuksesan Indonesia dalam Presidensi G20 tahun lalu. Mereka turut memberikan dukungan terhadap Keketuaan Indonesia di ASEAN.

"Mereka mengulang kesuksesan Keketuaan Indonesia di G20 dan mereka memberikan dukungan yang kuat terhadap Keketuaan Indonesia di ASEAN untuk tahun ini," tambah Retno.

Sementara itu, Presiden Jokowi menyampaikan komitmen kuat Pemerintah Indonesia terhadap isu perubahan iklim dan lingkungan. Kepala Negara turut menyampaikan sejumlah capaian pemerintah Indonesia terkait kedua isu tersebut.

"Termasuk, adanya pengurangan kebakaran hutan yang lebih dari 80 persen 'so far'," ucap Retno.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyampaikan harapan terhadap dukungan kongres Amerika Serikat terhadap sejumlah isu. Mulai dari perpanjangan fasilitas "Generalized System of Preferences" (GSP) hingga akses pasar.

"Presiden mengharapkan Indonesia dapat menjadi bagian dari 'global supply chain' Amerika dan dunia. Presiden menyampaikan permintaan dukungan Amerika Serikat untuk transisi energi," ujar Retno.

Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Dhony Rahajoe yang ditemui di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta mengonfirmasi rencana kedatangan anggota Kongres AS tersebut.

"Iya hari Kamis mau ke BOS (Borneo Orangutan Survival) dan titik nol," kata Dhony.

Menurut Dhony, para anggota Kongres AS akan mencari hal yang dapat dikolaborasikan.

"Soal lingkungan, mereka juga ingin melihat secara riil apa yang bisa dikolaborasikan, biasanya begitu," ungkap Dhony.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement