Senin 10 Apr 2023 13:45 WIB

Prabowo dan Cak Imin Bertemu Sore Ini di Tengah Wacana Pembentukan Koalisi Besar

Pertemuan Gerindra dan PKB ini disebut agenda rutin.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berjabat tangan dengan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar saat peresmian Sekretatiat Bersama (Sekber) di Menteng, Jakarta, Senin (23/1/2023).
Foto: Republika/Prayogi.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berjabat tangan dengan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar saat peresmian Sekretatiat Bersama (Sekber) di Menteng, Jakarta, Senin (23/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar dijadwalkan kembali menggelar pertemuan pada Senin (10/4/2023) sore. Pertemuan dua partai politik anggota Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) itu disebut merupakan agenda rutin dan ditutup buka puasa bersama oleh pengurus kedua parpol.

"Memang ada agenda pertemuan rutin antara Pak Bowo dan Gus Muhaimin. Kali ini dikemas dalam buka puasa bersama antara pengurus DPP Gerindra dan PKB," ujar Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Baca Juga

Akhir-akhir ini, wacana pembentukan koalisi besar terus menghangat. Koalisi tersebut digadang-gadang akan menyatukan KKIR dan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Namun, pertemuan Prabowo dan Cak Imin sore nanti di kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, disebut hanya pertemuan santai. 

"Pertemuannya sebenarnya biasa saja, hanya karena memang ini bulan Ramadhan maka dikemas dalam buka puasa bersama," katanya.

Huda mengatakan, tidak ada agenda khusus yang dibicarakan dalam pertemuan rutin Prabowo dan Muhaimin Iskandar. Menurutnya, kedua ketua umum parpol hanya mendengarkan laporan dan masukan dari pengurus DPP Gerindra dan PKB.

"Tidak ada agenda khusus yang dibicarakan, hanya meng-update laporan terkait progres kerja sama politik Gerindra dan PKB yang dilakukan kader dan relawan di akar rumput," katanya. 

Kerja sama politik Gerindra dan PKB, lanjut Huda, sejauh ini cukup solid. Kedua belah pihak tetap menghormati butir-butir kerja sama yang tertuang dalam Piagam Kerja Sama Politik yang ditandatangani bersama di Sentul, Agustus tahun lalu.

"Meskipun dinamika politik jelang Pemilu 2024 kian hangat, namun sejauh ini kedua belah pihak bekerja dalam koridor perjanjian yang telah disepakati bersama," ujar Huda.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad membenarkan adanya rencana pertemuan Cak Imin dan Prabowo pada sore ini. Menurutnya, pertemuan tersebut akan membahas sejumlah isu politik terkini, salah satunya adalah wacana pembentukan koalisi besar.

"Bahwa pertemuan ini kemudian juga membahas situasi terkini, juga mungkin terjadi. Karena memang Gerindra dan PKB saling mencari teman untuk memperbesar koalisi yang sudah ada. Pada hari ini mungkin akan diteruskan dengan diskusi-diskusi. Saya pikir ini bukan hal luar biasa, karena kami sudah melakukan kerja sama politik. Tentunya segala sesuatu akan dibicarakan antara Partai Gerindra dan PKB," ujar Dasco.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement