Senin 10 Apr 2023 11:29 WIB

Viral Pelaku Penipuan Tempel QRIS Palsu di Beberapa Masjid di Jakarta

Masjid Nurul Iman Blok M, Istiqlal, hingga Kalibata menjadi sasaran modus pelaku.

Rep: Erik PP/Andrian Saputra / Red: Erik Purnama Putra
Modus baru penipuan dengan menempel QRIS palsu di masjid.
Foto: Dok Republika
Modus baru penipuan dengan menempel QRIS palsu di masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warganet dihebohkan dengan ulah seseorang yang memasang QRIS palsu untuk sumbangan di beberapa masjid di Jakarta. Selain di Masjid Nurul Iman di Blok M Square, pelaku ternyata juga memasang QRIS palsu di Masjid Nurullah, Kalibata, Jakarta Selatan.

Video pelaku pun tersebar di lini masa Twitter. Dengan demikian, diharapkan warganet bisa mengidentifikasi pelaku dan hati-hati kala menyumbang untuk masjid melalui fasilitas QRIS.

Adapun modus pelaku adalah mengganti QRIS sumbangan di masjid dengan milik pribadi. Sehingga ketika jamaah memindai QRIS di masjid maka uang infak bukan masuk ke kas masjid, melainkan ke kantong pelaku. Rekaman video ketika pelaku mengganti QRIS pada Kamis (6/4/2023) pun tersebar di lini masa.

Baca juga : Pengurus Masjid Laporkan Pelaku Pengganti QRIS Palsu ke Polrestro Jaksel

"Dan juga pindah ke masjid Kalibata menempelkan QRIS juga. QRIS tulisan restorasi masjid itu palsu, masuk ke kantong pelaku," kata pemilik akun @Irwan2yah1 dikutip Republika.co.id di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Modus penipuan baru berbentuk infak digital menggunakan QRIS barcode yang terpasang pada kotak amal oleh seorang laki-laki mendapat tanggapan marbut Masjid Nurul Iman Blok M Square. Menurut dia, pelaku melakukan aksinya di beberapa masjid di Jakarta.

"Bukan masjid ini saja, saya dapat laporan itu sudah beberapa masjid yang ditempel QRIS barcode oleh orang itu. Informasi yang saya dapat, terjadi juga di Masjid Nurullah Kalibata, Masjid Raya Pondok Indah, Masjid Istiqlal Jakarta," kata Carmita kepada Republika.co.id di Jakarta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement