Jumat 07 Apr 2023 08:28 WIB

HUT Ke-43, Dekranas Gelar Bakti Sosial dan Bazar Murah

Bakti Sosial dan Bazar Murah ditujukan kepada 200 warga yang memiliki kupon

Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar bakti sosial dan bazar murah bagi masyarakat yang berada di sekitar rumah Kriya Asri Dekranas di bilangan jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan. Selain dalam suasana bulan suci Ramadhan, kegiatan itu dihelat juga dalam rangka HUT ke-43 Dekranas.
Foto: Dok Dekranas
Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar bakti sosial dan bazar murah bagi masyarakat yang berada di sekitar rumah Kriya Asri Dekranas di bilangan jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan. Selain dalam suasana bulan suci Ramadhan, kegiatan itu dihelat juga dalam rangka HUT ke-43 Dekranas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar bakti sosial dan bazar murah bagi masyarakat yang berada di sekitar rumah Kriya Asri Dekranas di bilangan jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan. Selain dalam suasana bulan suci Ramadhan, kegiatan itu dihelat juga dalam rangka HUT ke-43 Dekranas.

"Kebetulan ini bulan puasa, sehingga kita juga membuat acara berbagi kepada masyarakat di sekitar kantor Dekranas ini," ujar Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian, saat membuka acara itu.

Selain paket sembako di Bazar Murah, Dekranas juga menyediakan 200 paket bantuan yang akan dibagikan kepada perajin. "Ini adalah wujud rasa bersyukur kami kepada masyarakat yang sudah mendukung kegiatan kami dalam meningkatkan kerajinan nasional,” ujar Tri Tito menambahkan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/4/2023).

Ketua Panitia Peringatan HUT Dekranas ke-43, Endang Budi Karya, menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Dekranas yang puncaknya akan dihelat pada 16 Mei 2023 di Medan, Sumatra Utara. HUT Dekranas kali ini mengangkat tema 'Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya!' yang menyelipkan semangat bagi para perajin di Indonesia. 

Memasuki usia ke-43 tahun, Dekranas hadir bersama Dekranasda sebagai wadah yang terus memberikan dukungan dengan menciptakan ekosistem wirausaha yang kreatif untuk perajin Indonesia yang berjaya. Dekranas terus berdedikasi dalam menghimpun pecinta dan peminat seni tanah air untuk senantiasa memayungi dan mengembangkan produk kerajinan.

“Dalam rangkaian ulang tahun ini, sebelumnya kami sudah melaksanakan syukuran bersama pada 6 Maret oleh seluruh pengurus Dekranas," ungkap Endang. "Kami juga telah melakukan pelatihan Literasi Keuangan Kunci Sukses Wirausaha Baru yang bersinergi dengan Bhayangkari dari Bidang Kemitraan pada 16 Maret lalu, dan setelah ini akan dilaksanakan workshop yang berjudul Peningkatan Manajemen Produk dan Akses Permodalan Bagi Perajin Kriya."

Bakti Sosial dan Bazar Murah ditujukan kepada sekitar 200 warga sekitar yang memiliki kupon, yang telah didistribusikan oleh Ketua RW dan Ketua RT setempat. Ketua Seksi Sosial Panitia Peringatan HUT Dekranas ke-43, Liza Mustafa Abubakar, menyampaikan kebutuhan yang dapat dibeli masyarakat adalah sembako dan pakaian dengan harga terjangkau.

“Jadi Bazar hari ini benar-benar murah, minimal subsidi 50 persen. Kita berjualan kepada masyarakat juga ingin melakukan edukasi bahwa tidak semuanya gratis, namun juga perlu membeli. Hampir semua pengurus Dekranas ikut memberikan sumbangan dan bekerjasama untuk membeli sembako lewat Bulog,” ujar Liza.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement