Rabu 29 Mar 2023 03:38 WIB

Pengungsi Rohingya di Aceh akan Dipindahkan ke Medan

Pengungsi Rohingya akan dipindahkan ke tempat pengungsian tetap di Medan.

Sejumlah pengungsi Etnis Rohingya berada didalam bus saat akan direlokasi dari tempat penampungan sementara di Desa Geulumpang Payong, Blang Pidie, Aceh Barat Daya, Aceh.
Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Sejumlah pengungsi Etnis Rohingya berada didalam bus saat akan direlokasi dari tempat penampungan sementara di Desa Geulumpang Payong, Blang Pidie, Aceh Barat Daya, Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Ratusan pengungsi etnis Rohingya yang saat ini masih ditempatkan di UPTD Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya Ladong Tuna Sosial Dinas Sosial Aceh segera dipindahkan ke tempat pengungsian tetap di Medan, Sumatera Utara (Sumut). "Iya benar (dipindahkan) kemarin saya dapat kabar dari UNHCR, memang info resminya belum saya terima," kata Kepala Dinas Sosial Aceh Yusrizal, di Banda Aceh, Selasa (28/3/2023).

Yusrizal menyampaikan, nantinya setelah para pengungsi tersebut dipindahkan ke Medan, maka aktivitas masyarakat binaan di UPTD Ladong tersebut akan kembali beraktivitas seperti biasanya. "Benar setelah pengungsi dipindahkan, maka masyarakat yang dalam binaan segera kembali," ujar Yusrizal.

Baca Juga

Pemindahan tersebut rencana dilaksanakan pada 5 April 2023 mendatang. Tak hanya yang di Ladong. Imigran Rohingya dari lokasi penampungan di Kabupaten Pidie dan Lhokseumawe juga dipindahkan ke Pekanbaru pada 2 April 2023.

Untuk diketahui, UPTD Rumoh Seujahtera Beujroh Meukarya Ladong Tuna Sosial Dinas Sosial Aceh telah menampung sebanyak 331 imigran Rohingya. Mereka dimasukkan ke sana dari empat gelombang.

Pertama, sebanyak 57 orang yang terdampar ke Aceh Besar pada 25 Desember 2022, kemudian penambahan 184 jiwa yang baru mendarat Senin sore di wilayah pantai Mesjid Raya Aceh Besar. Kemudian, kembali ditambahkan yang terdampar pada Kamis 16 Februari 2023 di kawasan pantai Lampanah Leungah Kecamatan Seulimeum Aceh Besar sebanyak 69 orang.

Kemudian, juga dimasukkan kembali 21 pengungsi yang terdampar di kawasan Aceh Barat Daya (Abdya). Dalam perjalanannya, satu orang pengungsi telah meninggal dunia dan 28 orang keluar tanpa izin (kabur). Namun, 12 orang dari yang kabur tersebut telah berhasil ditangkap dan dibawa kembali ke UPTD Ladong.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement