Jumat 24 Mar 2023 11:03 WIB

Milenial Jabodetabek Dirangkul Dalami Kiat untuk Jadi Barista

Saat ini generasi muda banyak yang tertarik menjadi barista.

Kelompok Srikandi Jabodetabek menggelar kelas pelatihan barista untuk milenial. Kegiatan ini bekerja sama dengan Cafe Poetra Bangsa di Cibinong Baru, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Foto: Dok. Sg
Kelompok Srikandi Jabodetabek menggelar kelas pelatihan barista untuk milenial. Kegiatan ini bekerja sama dengan Cafe Poetra Bangsa di Cibinong Baru, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG -- Kelompok Srikandi Jabodetabek menggelar kelas pelatihan barista untuk milenial. Kegiatan ini bekerja sama dengan Cafe Poetra Bangsa di Cibinong Baru, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Saat ini generasi muda banyak yang tertarik menjadi barista karena ingin meningkatkan citra diri. Karena itu, kami memfasilitasi kaum milenial baik perempuan dan laki-laki  di Cibinong untuk berlatih," ujar Korwil Srikandi Ganjar Jabodetabek Wahyuni Safitri, seperti dilansir pada Jumat (24/3/2023).

Baca Juga

Dalam pelatihan ini dijelaskan tips dan trik sebagai barista terlebih dahulu lalu yang dilanjutkan dengan proses praktik atau uji coba alat dan bahan kopi.

Diharapkan para milenial memiliki bakat baru dalam mengembangkan kemampuan diri sebagai bekal masa depan.

Anita, salah satu peserta mengapresiasi kegiatan pelatihan barista tersebut. Dia berharap kegiatan-kegiatan bermanfaat rutin digelar ke depannya

"Senang banget dapat pelatihan gratis begini," ujar dia. 

Soal kopi, kelompok relawan ini juga pernah menggelar kompetisi meracik kopi atau "Funbattle Coffee" khusus perempuan di Kota Probolinggo sekaligus memperkenalkan kopi lokal setempat.

Para peserta unjuk kebolehan membuat kopi dengan cita rasa khasnya masing-masing dan meracik kopi dengan dua teknik penyeduhan berbeda, yakni manual brewing dan latte art.

Kompetisi persahabatan seperti ini kerap menjadi ajang calon barista untuk meningkatkan kepercayaan diri sekaligus mengasah keterampilannya.

"Harapannya lahir barista perempuan yang profesional di Probolinggo. Apalagi profesi ini menjadi salah satu pekerjaan yang banyak digandrungi anak muda," ujar Koordinator Wilayah SG Jatim Cindy seperti dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement